Mengenal 6 Jenis Kucing Hutan Jawa yang Terancam Punah, Punya Corak Bulu Menarik Mirip Macan Tutul

Mengenal 6 Jenis Kucing Hutan Jawa yang Terancam Punah, Punya Corak Bulu Menarik Mirip Macan Tutul

Mengenal 6 Jenis Kucing Hutan Jawa yang Dilindungi-Steemit-Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Indonesia memiliki beberapa jenis kucing hutan Jawa yang saat ini terancam punah.

Kucing hutan jawa memiliki beberapa jenis dengan ciri khas yang unik. Keunikan ini membuat ketertarikan manusia untuk memburu dan memperjualbelikan secara ilegal sehingga populasinya semakin menurun.

Sesuai dengan namanya, kucing hutan jawa hidup alami di hutan dan sebagian besar merupakan jenis mamalia yang dilindungi. Oleh karena itu, kucing liar ini tidak boleh dipelihara.

Kucing hutan jawa ini memiliki rupa yang mirip dengan kucing yang biasa kita temui. Hanya saja, kucing hutan Jawa memiliki sifat yang lebih agresif dan cenderung menjauh dari manusia.

BACA JUGA:Aneh Tapi Nyata! Ini Cara Kucing Mendeteksi Bencana Yang Akan Terjadi, Pemiliki Kucing Jangan Harus Tahu!

Keberadaannya tersebar di bagian benua Asia Selatan, Timur dan Tenggara. Sedangkan di Indonesia sendiri tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. 

Saat ini jumlah populasi kucing hutan jawa terus menurun. Penyebab utamanya adalah karena aktivitas manusia seperti perburuan, perdagangan satwa liar liar, pengalihan lahan dan lain sebagainya.

Kucing hutan jawa banyak diburu dan diperjualbelikan secara ilegal karena memiliki corak bulu yang unik dan juga bisa diambil bagian tubuhnya seperti tulang, gigi, dan cakar.

Berikut beberapa jenis kucing hutan jawa, yang harus dilindungi dan dijaga kelestariannya, karena terancam punah. Diantaranya:

BACA JUGA:Ada Daya Tarik Baru di Objek Wisata Cibulan, Pengelola Bangun Gapura Ikan Dewa

1. Kucing Emas Asia

Kucing hutan jawa jenis ini memiliki habitat di hutan berbatu, hutan hujan tropis, dan subtropis. Makanan kucing emas asia ini diantaranya burung, reptil, dan mamalia hutan lainnya.

2.Kucing Batu

Jenis kucing ini hampir punah, karena populasinya saja kyarng dari 10 ekor. Ciri khasnya memiliki bulu empat warna yaitu kuning, coklat, hitam, dan abu-abu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: