Mengenal Lebih Dekat Sang Pengintai Hutan Sumatera, Macan Dahan Sunda

Mengenal Lebih Dekat Sang Pengintai Hutan Sumatera, Macan Dahan Sunda

Fakta menarik macan dahan sunda-Foto via Pinterest-radarkuningan.disway.id

RADARKUNINGAN.COM - Selain harimau Jawa dan harimau Sumatera, ada 1 lagi kucing besar di hutan Indonesia yang memiliki ciri dan juga fakta menarik, yaitu Macan Dahan Sunda.

Macan dahan Sunda adalah salah satu kucing liar berukuran sedang yang dapat ditemui di Indonesia, terutama di pulau Kalimantan dan Sumatera.

Makhluk ini memiliki tubuh yang panjangnya berkisar antara 68 hingga 106 cm, dengan tinggi sekitar 25 hingga 40 cm dan berat mencapai 12 hingga 26 kg.

Salah satu ciri khas yang dapat membantu mengenalinya adalah motif oval yang tak beraturan di kulitnya. Bulu macan dahan Sunda umumnya berwarna cokelat kebun atau kekuningan.

BACA JUGA:Sama Sama Jenis Kucing Besar, Ternyata Ini 5 Perbedaan Harimau dan Macan Yang Perlu Kita Ketahui

Makhluk ini tergolong dalam famili Felidae dengan nama ilmiah Neofelis diardi. Meskipun demikian, informasi tentang mereka terbilang minim karena kecenderungan macan dahan Sunda untuk menjaga privasinya.

Berikut beberapa fakta menarik dan juga unik tentang Macan Dahan Sunda.

Penyebaran yang Terbatas

Macan dahan Sunda tersebar terbatas di dua wilayah di Indonesia. Di Kalimantan, mereka biasanya ditemukan di hutan hujan dataran rendah dan hutan bekas tebangan.

Sedangkan di Sumatera, mereka lebih sering berada di perbukitan dan pegunungan.

BACA JUGA:Apakah di Pulau Jawa Masih Ada Harimau? BRIN Berikan Kejelasan Tentang Penemuan Sample DNA Harimau Jawa

Taman Nasional Kerinci Seblat, Gunung Leuser, dan Bukit Barisan Selatan adalah beberapa lokasi di mana macan dahan Sunda secara khusus dapat dijumpai.

Cara Memangsa yang Unik

Sebagai karnivora, macan dahan Sunda membutuhkan daging untuk bertahan hidup. Menurut Wildlife Explained, mereka merupakan pemangsa terbesar di Kalimantan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: