Makanan yang Tersentuh Cicak Apakah Masih Layak Dikonsumsi? Simak Ulasannya Berikut

Makanan yang Tersentuh Cicak Apakah Masih Layak Dikonsumsi? Simak Ulasannya Berikut

Makanan yang tersentuh cicak apakah masih layak dikonsumsi, simak ulasannya.-Abu Alwi Chani - tangkapan layar-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Di banyak rumah, adanya cicak di dinding atau langit-langit merupakan pemandangan yang cukup familiar. 

Cicak, hewan kecil yang sering kali dianggap sebagai penghuni tetap di banyak rumah, terkadang bisa menjadi penyebab kecemasan ketika mereka berinteraksi dengan makanan kita

Kejadian cicak yang jatuh atau berjalan di atas makanan bukanlah hal yang aneh, namun apakah ini berarti makanan tersebut harus langsung dibuang? 

Pertanyaan tentang apakah makanan tersebut masih aman untuk dikonsumsi seringkali muncul dan menimbulkan kekhawatiran.

BACA JUGA:Antre Masuk Rest Area di Tol, Ini 4 Rekomendasi Tempat Makan di Sekitar Pintu Keluar Tol Ciperna

Makanan yang telah disentuh oleh cicak sebenarnya tidak selalu harus dibuang. Faktor utama yang perlu dipertimbangkan adalah jenis makanan dan durasi kontak yang terjadi. 

Cicak dikenal sebagai pembawa berbagai jenis bakteri, yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Namun, risiko ini lebih banyak tergantung pada kondisi kebersihan cicak tersebut dan seberapa lama mereka bersentuhan dengan makanan.

Untuk makanan kering, seperti roti dan biskuit, kemungkinan bakteri untuk menembus ke dalam makanan tersebut relatif rendah.

BACA JUGA:Kenapa Kucing Mengedipkan Sebelah Matanya? Ternyata ini 4 Alasannya; Salah Satunya Masalah Kesehatan!

Sementara itu, makanan basah atau lembap memiliki risiko yang lebih tinggi karena permukaannya yang lebih mudah terkontaminasi bakteri Escherichia coli (E. coli).

Jika kontak antara cicak dan makanan terjadi hanya sesaat, makanan bisa saja hanya perlu dibersihkan atau bagian yang tersentuh dihilangkan.

Menurut informasi dari Taphibians, ada kemungkinan cicak menyebarkan bakteri atau virus melalui air liur atau sel kulit yang terlepas dan mengenai makanan. 

Hewan kecil ini diketahui bisa menjadi pembawa penyakit serius seperti salmonella dan leptospirosis, yang terakhir menyerupai gejala flu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: