Apakah Kucing Boleh Makan Ikan Tuna? Boleh, Tapi... Begini Penjelasannya

Apakah Kucing Boleh Makan Ikan Tuna? Boleh, Tapi... Begini Penjelasannya

Kucing Makan Ikan Tuna Apakah Boleh?-VOI-Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Kucing sejatinya adalah hewan karnivora yang membutuhkan protein hewani sebagai nutrisi penting bagi tubuhnya.

Protein hewani bagi kucing diantaranya bisa diperoleh dari ikan. Ikan merupakan salah satu makanan favorit kucing dan ideal untuk memenuhi kebutuhan gizinya setiap harinya.

Salah satu jenis ikan yang disukai kucing adalah ikan tuna. Namun, hal ini menjadi kekhawatiran para pecinta kucing. Apakah kucing boleh makan ikan tuna? 

Ikan tuna merupakan jenis ikan yang sangat disukai kucing. Bahkan hampir semua kucing suka makan ikan tuna. Sebenarnya boleh-boleh saja jenis ikan ini dikonsumsi sesekali oleh kucing.

BACA JUGA: Mudik Ke Majalengka? Jangan Lupa, 5 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Majalengka yang Wajib Dibawa Pulang

Namun, ikan tuna mengandung merkuri. Jika dikonsumsi berlebihan, kucing akan mengalami keracunan merkuri. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan saraf, ruam, gangguan penglihatan, dan sulit berjalan.

Ikan tuna juga tidak mengandung cukup nutrisi yang dibutuhkan kucing untuk tetap sehat. Kekurangan nutrisi juga bisa menyebabkan kejang, terutama pada kucing tua.

Terlalu banyak mengonsumsi ikan tuna juga dapat menyebabkan kucing kekurangan vitamin E. Sehingga dapat menyebabkan kondisi steatitis atau penyakit lemak kuning, peradangan jaringan lemak, sakit perut, lesu, benjolan pada kucing, dan lain sebagainya.

Ikan tuna juga dapat meningkatkan produksi Thiaminase yang dapat mencegah produksi dan dustribusi viamin B1. Kondisi tersebut dapat meningkatkan kemampuan kucing untuk mempertahankan tubuhnya dari penyakit.

BACA JUGA: Bantu Pemkab Kuningan, Pengusaha Tambang Ratakan Jalan Luragung-Cidahu Pakai Obrog

Oleh karena itu, sebaiknya jangan terlalu sering memberikan ikan tuna pada kucing. Cukup berikan sekali dalam kondisi yang sudah matang.

Hal ini sangat penting untuk diketahui, apalagi para pemilik kucing agar hewan kesayangannya bisa sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Sebab, pemberian makanan yang salah bisa menyebabkan kucing terkena berbagai masalah kesehatan.

Selain itu, jenis ikan yang tidak boleh dikonsumsi kucing adalah ikan mentah. Ikan yang masih mentah sangat berbahaya bagi kucing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: