Apa Itu Ular Titanoboa? Ular Purba Yang Konon Katanya Masih Hidup Hingga Saat Ini! Simak Penjelasannya

Apa Itu Ular Titanoboa? Ular Purba Yang Konon Katanya Masih Hidup Hingga Saat Ini! Simak Penjelasannya

Ular Titanoboa, ular purba yang dipercaya menjadi nenek moyang ular sanca.-Youtube, Canva-Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Konsep evolusi, sebuah konsep yang merubah wujud makhluk hidup, tentunya sudah menjadi sebuah pengetahuan umum di dunia modern. Evolusi juga berlaku kepada hewan, salah satunya ular

Ular, sama halnya dengan makhluk hidup lain juga mengalami evolusi. Evolusi pada ular mengubah wujud fisik, pola perilaku, dan tentu saja, kemampuan bertahan hidup.

Tahukah kamu, bahwa ular yang hidup di zaman purba, memiliki wujud fisik yang sangat besar dan kemampuan bertahan hidup melebihi ular-ular di zaman modern seperti sekarang ini? Ular zaman purba ini disebut sebagai Ular TitanoboaSayangnya, karena terbatasnya informasi, sedikit orang yang mengetahui tentang hewan ini.

Untuk menambah data dan informasi tentang ular titanoboa ini, kami akan membahas ular purba ini menjadi dua poin pembahasan penting yang harus kamu ketahui! Untuk informasi mengenai ular titanoboa ini, simak penjelasan berikut! 

BACA JUGA:Pemakaman Jenazah Korban Kecelakaan di Km 58 Tol Jakarta Cikampek Diiringi Hujan Deras di Cilebak Kuningan

Asal-Usul dan Awal Penemuan Ular Titanoboa

Lima puluh delapan juta tahun yang lalu, setelah kepunahan dinosaurus dari muka bumi, spesies predator raksasa yang bernama Titanoboa hidup menebar teror bagi makhluk hidup di zaman itu. Titanoboa, merupakan spesies ular yang hidup di zaman purba, tepatnya zaman setelah dinosaurus punah dan bumi menuju zaman es. 

Dapat memiliki panjang hingga empat puluh kaki, ular purba titanoboa menjadi penguasa hutan hujan dikala itu. Hidup di periode paleosen, ular purba titanoboa dapat memangsa kura-kura purba, harimau purba smilodon, hingga buaya purba yang begitu besar. Hal ini berkat kebesaran dan kekuatan otot-otot tubuhnya.

Tidak hanya hidup di hutan hujan, ular titanoboa juga dapat menyelam dan bertahan lama di dalam air, tidak seperti ular-ular yang hidup di zaman modern pada umumnya. Oleh sebab itu, penemuan kerangka-kerangka ular purba titanoboa kerap di temukan di wilayah hutan-hutan dan pegunungan di masa modern.

BACA JUGA:Nama Desa Ini Terunik di Kuningan, Bermula dari 2 KK, Didirikan oleh Sosok Penakluk Gerombolan Jin Jahat

Wujud Evolusi Saat Ini

Ular titanoboa saat ini memang sudah punah dari peradaban. Akan tetapi, sama seperti hewan purba pada umumnya, ular titanoboa juga mengalami evolusi menjadi hewan yang kita lihat di zaman modern ini.

Wujud dari ular ini turun ke berbagai jenis ular yang memiliki besar, dan berat yang hampir sama dengan ular ini. Meski jauh dari segi ukuran, namun garis evolusi ular ini merebah luas ke jenis-jenis ular raksasa yang hidup di zaman modern. Anaconda, boa, dan ular sanca kembang asli Indonesia juga menjadi salah satu garis evolusinya.

Hal ini menjadi jawaban atas tubuh ular sanca kembang yang begitu besar. Dengan begini, kita sudah mengetahui jika ular sanca kembang, merupakan wujud evolusi dari ular titanoboa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: