Ini Perbedaan Hewan Beracun Dan Hewan Berbisa, Simak Penjelasannya Agar Tidak Salah Saat Membedakan!

Ini Perbedaan Hewan Beracun Dan Hewan Berbisa, Simak Penjelasannya Agar Tidak Salah Saat Membedakan!

Perbedaan hewan beracun dan berbisa-Radarkuningan.com-Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Perbedaan hewan beracun dan berbisa, menjadi sebuah diskusi yang asyik untuk dibahas.

Pasalnya, untuk mengetahui hewan beracun, dan hewan berbisa, merupakan informasi yang penting karena menyangkut keselamatan orang banyak.

Apalagi, akhir-akhir ini, kasus dan kejadian tentang ular masuk rumah, marak terjadi karena pergusuran habitat. Apa korelasinya dengan perbedaan hewan beracun dan berbisa? masyarakat kebanyakan tidak mengetahui, apakah ular tersebut, beracun atau berbisa, sehingga, tidak mengetahui cara penanggulangannya.    

Dengan dasar kejadian tersebut, masyarakat perlu mengetahui perbedaan hewan beracun dan hewan berbisa. Untuk membantu masyarakat mengetahui informasi tersebut, kami telah menyiapkan pembahasan yang akan membantumu memahaminya. Untuk mengetahui informasinya, simak penjelasan berikut ini! 

BACA JUGA:Setelah Lebaran, Ganti Seragam Sekolah? Begini Aturan Terbaru Tahun Ini Menurut Mendikbudristek

Definisi Beracun Dan Berbisa 

Sebelum kamu mempelajari ciri fisik dan biologis, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu definisi beracun dan berbisa. Kita harus mengetahui dulu apa itu beracun, dan apa itu berbisa. 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, beracun, artinya zat yang dapat menyebabkan sakit atau kematian jika masuk kedalam tubuh. Hewan beracun, artinya hewan yang memiliki kemampuan untuk menyuntikkan atau mengandung racun dalam tubuhnya, dan mangsa akan mati jika memakannya.

Berbeda dengan beracun, berbisa dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, artinya mengandung zat racun. Hewan yang berbisa, berarti memiliki kemampuan untuk menyerang mangsa menggunakan racun yang ada pada tubuhnya.

BACA JUGA:Kisah Gunung Dulang, Bekas Markas Pemberontak di Kabupaten Kuningan yang Penuh dengan Mitos

Ciri Fisik Hewan Beracun dan Hewan Berbisa 

Untuk ciri fisik hewan beracun dan berbisa, sebenarnya hampir tidak ada bedanya. 

Hewan beracun, biasanya ditandai dengan ciri fisik yang dicirikan melalui warna terang di tubuhnya. Hewan yang mengandung racun atau hewan beracun, biasanya tubuh hewan tersebut memiliki warna yang terang, dan lebih cerah dibanding jenis hewan lainnya. Seperti katak panah beracun, ular sendok, dan masih banyak lagi.

Sedangkan hewan berbisa, ditandai dengan fitur fisik yang berbeda dari hewan lain. Hewan berbisa, biasanya memiliki taring, duri, atau bagian tubuh lain yang memang memiliki kegunaan untuk menyemprotkan dan menyuntikkan zat racun dari tubuhnya. Seperti ular kobra, komodo, dan hewan berbisa lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: