Selain Mengatasi Diare, Ini 6 Manfaat Tersembunyi Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan, Apa Saja?

Selain Mengatasi Diare, Ini 6 Manfaat Tersembunyi Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan, Apa Saja?

6 Manfaat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan-Apoteker.net-Radarkuningan.com

Penyakit darah tinggi ini banyak diderita, yang mayoritasnya adalah golongan lanjut usia. Untuk menghindari akibat yang lebih berbahaya, penderita darah tinggi penting untuk menjaga agar tekanan darah tetap stabil.

Selain mengkonsumsi obat-obatan yang diresepkan dari dokter, mengonsumsi air rebusan daun jambu biji secara rutin juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Daun jambu biji termasuk ekstraknya mengandung antioksidan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu juga bisa melebarkan pembuluh darah sehingga mencegah penyumbatan.

BACA JUGA:Peneliti Asing Bantah Bukti Keberadaan Harimau Jawa di Sukabumi, Tanggapi Pemeriksaan DNA Sampel Rambut

4. Mengobati flu

Manfaat berikutnya dari daun jambu biji yaitu dapat mengobati flu. Cuaca ekstrim yang tidak menentu bisa membuat daya tahan tubuh melemah.

Akibatnya tubuh jadi mudah terserang penyakit, seperti salah satunya yaitu flu dan batik. Meski bukan penyakit serius, namun badan terasa tidak nyaman. 

Nah, air rebusan daun jambu bisa mengobati flu. Ini karena air rebusan jambu biji memiliki sifat antivirus yang berasal dari kandungan antioksidan yaitu flavonoid.

Kandungan flavonoid inilah yang dapat membantu menghambat pertumbuhan virus influenza yang menyerang sistem pernafasan dan menyebabkan flu.

BACA JUGA:5 Perbedaan Bunga Pepaya Muda dan Bunga Pepaya Tua: Jangan Salah Pilih Bahan Masakan!

5. Meningkatkan imun tubuh

Sama seperti buahnya, daun jambu biji juga mengandung vitamin C. Vitamin ini berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat.

Selain itu, vitamin C juga terbukti dapat mengurangi durasi flu. Daun jambu biji juga bersifat antimikroba, yaitu mampu membunuh bakteri dan virus jahat penyebab infeksi.

6. Menjaga kesehatan jantung

Daun jambu biji juga memiliki manfaat yang dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan dalam ekstrak daun jambu biji memiliki efek menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat, serta meningkatkan kolesterol baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: