Mau Belajar Pencak Silat? Berikut Adalah Beberapa Jenis Aliran Pencak Silat yang Ada di Indonesia

Mau Belajar Pencak Silat? Berikut Adalah Beberapa Jenis Aliran Pencak Silat yang Ada di Indonesia

aliran pencak silat di indonesia-Foto via Pinterest-radarkuningan.disway.id

RADARKUNINGAN.COM - Pencak Silat, yang berasal dari budaya Melayu, adalah seni bela diri Asia yang telah merambah ke berbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina, dan Thailand.

Namun, tidak hanya terbatas pada wilayah tersebut, seni bela diri ini telah mulai berkembang di Vietnam berkat peran para pelatih Indonesia.

Di tingkat nasional, pencak silat tidak hanya dianggap sebagai olahraga semata, tetapi juga sebagai alat pemersatu bangsa dan sebagai wujud identitas budaya. Bahkan, olahraga ini telah menjadi bagian dari kompetisi internasional.

Di Indonesia sendiri, terdapat banyak aliran dalam pencak silat, yang mencerminkan kekayaan budaya dan nilai-nilai masyarakatnya.

Berikut adalah beberapa aliran pencak silat yang ada di Indonesia.

BACA JUGA:Waspada! Kenali 6 Jenis Ular yang Sering Masuk Rumah, Ada Jenis Ular Berbisa

Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT)

PSHT telah ada sejak sebelum kemerdekaan Indonesia. Didirikan pada tahun 1903 oleh Ki Ngabehi Soeromihardjo, yang dikenal sebagai Eyang Suro dengan nama Djojo Gendilo Tjipto, aliran pencak silat ini kemudian berganti nama menjadi Persaudaraan Setia Hati pada tahun 1917.

Filosofi di balik nama ini adalah tentang kesatuan hati dan pikiran yang berorientasi pada Tuhan (Setia Hati) dan keindahan serta keagungan bunga teratai (Terate).

PSHT menggabungkan persaudaraan manusia dengan ajaran spiritual dan gerakan pencak silat.

Pencak Silat Pagar Nusa

Di lingkungan pesantren Nahdlatul Ulama (NU), terdapat banyak aliran silat. Untuk mengakomodasi keberagaman ini, Pagar Nusa didirikan sebagai wadah perkumpulan pencak silat di bawah NU pada tahun 1986.

Beberapa cabang dari Pagar Nusa antara lain Pagar Nusa Gasmi, Pagar Nusa Batara Perkasa, Pagar Nusa Satria Perkasa Sejati (Saperti), dan lain-lain. Nama "Pagar Nusa" sendiri berasal dari gabungan Pagar NU (NU dan Bangsa).

BACA JUGA:Inilah 5 Tanaman yang Dibenci Kucing, Dijamin Dapat Mengusir Kucing Liar yang Masuk Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: