Bahaya! Jangan Asal Dikorek! Inilah Cara Mengeluarkan Semut yang Masuk ke Dalam Telinga

Bahaya! Jangan Asal Dikorek! Inilah Cara Mengeluarkan Semut yang Masuk ke Dalam Telinga

cara mengeluarkan semut masuk telinga-Foto by Radarkuningan.com-radarkuningan.disway.id

RADARKUNINGAN.COM - Pernahkah telinga anda kemasukan oleh serangga kecil seperti semut? Akan sangat berbahaya jika dikeluarkan secara paksa.

Telinga merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat sensitif, dan sangat rentan terhadap dampak yang fatal akibat benda asing yang masuk.

Selain bisa menyebabkan penyumbatan dan iritasi, benda-benda tersebut juga dapat mengganggu fungsi pendengaran.

Salah satu contoh benda asing yang sering masuk ke telinga adalah serangga kecil seperti semut. Jika semut berhasil masuk, bisa terjadi beberapa gejala seperti gatal, nyeri, dan juga telinga berdengung.

BACA JUGA:Apakah Boleh Mengelus Kucing Liar? Bukankah Kotor? Ini 4 Cara Mendekati Kucing Liar yang Perlu Diperhatikan

Nyeri ini bisa disebabkan oleh gigitan semut yang merasa terancam di dalam telinga. Jika semut masih hidup, gejala tersebut bisa semakin mengganggu.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengeluarkan semut dari telinga dengan tepat. Berikut adalah 6 cara mengatasi bahaya semut yang masuk ke dalam telinga dengan baik dan benar.

Hindari Penggunaan Cotton Bud dan Jari

Disarankan untuk tidak menggunakan cotton bud atau jari untuk membersihkan telinga karena tindakan tersebut dapat mendorong semut lebih dalam ke dalam telinga.

Arahkan Telinga ke Arah Bawah

Dilansir dari Halodoc, untuk mengatasi masalah semut masuk ke telinga, cobalah untuk memiringkan kepala ke arah telinga yang terkena. Kemudian, goyangkan kepala secara perlahan agar semut jatuh keluar.

BACA JUGA:Yuk Kenali Jenis Semut yang Sering Ditemukan di Dalam dan Sekitar Rumah

Menggunakan Minyak Hangat

Salah satu cara lain untuk mengeluarkan semut dari telinga adalah dengan menggunakan minyak hangat untuk menariknya keluar. Caranya, miringkan kepala sehingga telinga yang terkena semut berada di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: