WOW! DAK Kuningan Naik Rp 20 Miliar Buat Dinas Pendidikan, Buat Keperluan Ini

WOW! DAK Kuningan Naik Rp 20 Miliar Buat Dinas Pendidikan, Buat Keperluan Ini

Pj Bupati Kuningan, R Iip Hidajat memberikan keterangan terkait DAK Fisik Bidang Pendidikan untuk Kabupaten Kuningan yang naik Rp 20 miliar. -Andre Mahardika-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Mendapat peningkatan nilai Dana Alokasi Khusus (DAK) dari tahun lalu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kuningan menyelenggarakan sosialisasi DAK Fisik bidang Pendidikan tahun 2024.

Hadir langsung kegiatan, PJ Bupati Kuningan, R Iip Hidajat menjelaskan bahwa DAK yang didapat menjadi Rp 80 miliar dari tahun sebelumnya Rp60 miliar. 

"Kita dapat 60 miliar dan sekarang meningkat 80 miliar artinya membesar, dan bagi Kuningan bahagia. Karena sarana prasarana yang kurang hari ini mungkin sudah agak terpenuhi walaupun belum maksimal," jelasnya kepada radarkuningan.com, Rabu, 15, Mei 2024.

Iip mengungkapkan, pengelolaan DAK harus sesuai dengan aturan pemerintah dengan melibatkan masyarakat.

BACA JUGA:Tindak Lanjut SE Gubernur, Kadisdikbud Kuningan Kecualikan Larangan Study Tour, Ada yang Tetap Boleh Berangkat

Dirinya mencontohkan, jika menginginkan kualitas dan hasil lebih baik, diperlukan tambahan dana maupun partisipan.

Meskipun demikian, bilamana tidak berkemampuan, membangun sebuah proyek bisa memilih pihak ke-3 dengan kesepakatan aturan fleksibel dan penyesuaian.

"DAK ini diswakelolakan sesuai dengan aturan pemerintah. Untuk melibatkan partisipasi masyarakat misalkan untuk membangun sesuatu pasti akan ada tambahan dari mereka juga malah bisa kwalitasnya lebih baik lagi."

"Kalau tidak berkemampuan bisa memilih pihak ketiga, aturan fleksibel bisa disesuaikan mana yang mau diambil," ungkapnya.

BACA JUGA:Melihat Sifat Kucing Berdasarkan Telapak Kakinya, Coba Cek Apakah Sama dengan Sifat Anabulmu?

Guna mengawal transparansi dan memaksimalkan anggaran, akan dihadirkan dari Kejaksaan, Kepolisian, Inspektorat untuk pendampingan.

"Bagaimana uang ini bisa jadi barang, karena aturannya ada agar tidak jadi masalah. Pihak sekolah terlibat harus transparan dan jelas keperluan sekolah" tambahnya.

Pj Bupati berpesan, dalam sosialisasi ini, segala diskusi dari permasalahan yang ada apa yang harus di clear-kan. Agar target mutu pendidikan Kabupaten Kuningan lebih baik lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: