Kucing Mendengkur Saat Tidur? Hati-Hati, Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

Kucing Mendengkur Saat Tidur? Hati-Hati, Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

kenapa kucing mendengkur-Foto via Pinterest-radarkuningan.disway.id

RADARKUNINGAN.COM - Apakah kucing bisa mendengkur? Ternyata meskipun mendengkur lebih umum terjadi pada anjing daripada kucing, beberapa kucing mendengkur saat tidur, seperti halnya manusia.

Jika Anda mendengar kucing Anda mendengkur saat tidur, Anda mungkin bertanya-tanya apakah hal tersebut perlu dikhawatirkan.

Kucing mendengkur karena berbagai alasan. Beberapa kasus mendengkur pada kucing adalah normal, namun terkadang mendengkur bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan kucing Anda.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang mendengkur pada kucing, termasuk alasan kenapa kucing mendengkur, apakah hal ini normal atau tidak, dan apa yang perlu dilakukan jika Anda mendengar kucing Anda mendengkur.

BACA JUGA:Kucing Peliharaan Anda Cegukan? Jangan Dibiarkan! Begini Penjelasannya

Penyebab Kemungkinan Kucing Mendengkur

Suara mendengkur yang Anda dengar dari kucing disebabkan oleh getaran jaringan pada saluran udara bagian atas (hidung, belakang mulut, dan tenggorokan) saat kucing bernapas.

Kadang-kadang mendengkur pada kucing terjadi secara acak—sesuatu yang terjadi sesekali karena posisi tidur kucing. Mendengkur pada kucing juga bisa disebabkan oleh anatomi kucing atau masalah kesehatan.

Berat badan kucing dapat mempengaruhi mendengkur. Seperti halnya manusia, kucing yang kelebihan berat badan atau obesitas lebih cenderung mendengkur dibandingkan kucing yang kurus.

Ketika kucing kelebihan berat badan atau obesitas, lemak ekstra dapat menumpuk di sekitar leher, yang dapat menekan dan mengganggu saluran udara, menyebabkan kucing mendengkur.

BACA JUGA:Bikin Ular Pergi dan Menjauh Dari Rumah, Berikut 6 Aroma Alami Pengusir Ular

Selain itu, beberapa ras kucing dengan wajah datar (kucing brachycephalic) memiliki struktur tulang yang lebih pendek dan saluran udara yang sempit.

Kucing brachycephalic juga mungkin memiliki lubang hidung kecil dan karakteristik unik lainnya dari anatomi wajah mereka.

Kucing dari ras ini mungkin lebih sering mendengkur dibandingkan kucing dari ras lainnya atau kucing campuran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: