Mitos atau Fakta? Kucing Dapat Mendeteksi Gempa, Begini Tanda yang Muncul

Mitos atau Fakta? Kucing Dapat Mendeteksi Gempa, Begini Tanda yang Muncul

Apakah kucing bisa mendeteksi gempa bumi, simak penjelasannya berikut. -mypetsneedthat.com - tangkapan layar-radarkuningan.com

RADARKUNIGAN.COM - Beberapa waktu terakhir, Kabupaten Sumedang dan sekitarnya baru saja dilanda gempa bumi dengan kekuatan yang bisa dirasakan manusia.

Ternyata kejadian gempa bumi juga turut dirasakan oleh hewan seperti kucing. Sehingga menunjukkan anomali perilaku.

Sejak zaman kuno sendiri, hewan telah dikaitkan lewat mitos dengan kemampuan untuk mendeteksi bencana alam sebelum terjadi. 

Kucing dengan indra yang tajam, kerap disebut-sebut memiliki kemampuan untuk merasakan gempa bumi sebelum manusia. Namun, apakah benar kucing bisa mendeteksi gempa?

BACA JUGA:Ini 6 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Mental, yang Bisa Mencegah Penyakit Otak

Inilah beberapa penjelesan mengenai kemungkinan kucing bisa mendeteksi gempa bumi.

Apa insting kucing dapat mendeteksi gempa bumi?

Insting kucing memang terkenal kuat dalam membaca situasi, akan tetapi menurut Bulletin of the Sesmological Society of America (SSA), pendapat kucing bisa mendeteksi gempa bumi merupakan pendapat yang kurang tepat.

Meskipun terdapat beberapa bukti yang memperlihatkan bahwa kucing sensitif pada gelombang seismik, tapi belum ada bukti yang jelas dalam mendukung pernyataan bahwa kucing bisa mendeteksi gempa. 

BACA JUGA:Tak Lekang Dimakan Waktu, Ini 10 Oleh-oleh Khas Cirebon Yang Awet dan Tahan Lama

Pada 373 SM, sejarawan Yunani mencatat bahwa hewan, termasuk tikus dan ular, meninggalkan kota Helice beberapa hari sebelum gempa menghancurkannya.

Setelah berabad-abad kemudian, banyak pemilik hewan peliharaan yang mengaku telah menyaksikan perilaku aneh pada kucing mereka sebelum terjadi gempa.

Berikut tanda-tanda yang harus diperhatikan:

1. Kucing bersikap gelisah tanpa sebab atau sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: