6 Jenis Ular Sawah yang Sering Masuk Rumah, Awas Ada yang Berbisa!

6 Jenis Ular Sawah yang Sering Masuk Rumah, Awas Ada yang Berbisa!

6 Jenis Ular Sawah yang Sering Masuk Rumah-Pixabay-Radarkuningan.com

3. Ular sanca kembang

Ular sanca kembang merupakan salah satu jenis ular sawah, yang tersebar di Bangladesh, Asia Tenggara, hingga Papua Nugini.

Selain di pesawahan, ular ini juga banyak ditemukan di hutan tropis dan padang rumput. Mereka sering menggunakan udara di sekitar mereka untuk berkamuflase menyergap mangsanya.

BACA JUGA: Kisah Pilu Rachmat Irianto Pilih Hengkang dari Persebaya, Kini Siap Mengukir Sejarah di Persib

Ular sanca kembang termasuk jenis ular tidak berbisa, namun lilitannya bisa mematikan. Ukuran panjangnya bisa mencapai 6 meter dengan bobot ratusan kilogram.

4. Ular Tanah

Ular tanah merupakan jenis ular sawah yang berbisa, yang sering masuk rumah. Sesuai namanya, ular tanah memiliki warna yang mirip dengan tanah. Sehingga sulit membedakannya.

Jenis ular ini hidup di tanah dan bisa mengumpulkan pohon pendek. Ular tanah banyak ditemukan di daerah pinggiran sawah ataupun ladang. Ular ini memiliki sifat agresif, apalagi saat merasa terancam. 

Bisa ular tanah mengandung bahan anti-koagulan yang dapat mencegah pembekuan darah. Selain itu, juga bisa menyemburkan ke arah mata yang bisa menyebabkan luka permanen bahkan kebutaan.

BACA JUGA: Cukup Pakai Pembersih Lantai? Ini 5 Bahan yang Dapat Mengusir Ular Dari Rumah

5. Ular sapi

Jenis ular sawah lainnya yaitu ular sapi. Ular sapi merupakan jenis ular yang tidak berbisa.

Biasanya, mereka memangsa tikus. Meski tidak berbisa, namun ular sapi memiliki air liur yang mengandung bakteri yang dapat menginfeksi manusia jika menggigitnya.

6. Ular Jali

Jenis ular sawah yang terakhir yaitu ular jali. Ular jali (Pytas Korros) ini banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: