Dapat Guyuran 2 Miliar dari Provinsi, Dinas PUTR Kuningan Bakal Bikin Jalan Lingkar Timur Kembali Mulus

Dapat Guyuran 2 Miliar dari Provinsi, Dinas PUTR Kuningan Bakal Bikin Jalan Lingkar Timur Kembali Mulus

Sejumlah alat berat dati rekanan sudah ada di jalan lingkar timur (Jalintim) ruas Caracas-Sampora untuk melakukan perbaikan jalan. (Agus Sugiarto)--

BACA JUGA:Ini Kata Ketua LSM Frontal, Tim TAPD Tak Berkutik, Kabupaten Kuningan Bersiap Hadapi Masa Suram

Total nilai bantuan keuangan yang diterima Pemkab Kuningan sebesar Rp22 miliar. Bantuan ini dialokasikan untuk perbaikan sarana infrastruktur yakni ruas jalan kabupaten. 

Turunnya bantuan keuangan ini tidak terlepas dari lobi-lobi yang dilakukan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (DPUTR) Kuningan, Putu Bagiasna dan Kabid Bina Marga, Teddy Sukmajayadi.

Dimana pada tahun lalu Bidang Bina Marga DPUTR mengajukan proposal ke Pemprov Jawa Barat. 

"Alhamdulillah, tahun ini Kabupaten Kuningan mendapatkan bantuan keuangan dari Pemprov Jawa Barat. Nilai bantuannya sebesar Rp22 miliar. Anggaran ini murni untuk perbaikan ruas jalan kabupaten dan ada juga untuk penataan trotoar di Kabupaten Kuningan," jelas Teddy.

BACA JUGA:5 Warna Cat Rumah Membawa Rezeki Menurut Feng Shui, Sangat Oke untuk Dicoba

Ada 10 titik ruas jalan kabupaten yang akan diperbaiki. Kemudian Teddy merinci 10 ruas jalan mana saja yang mendapat alokasi perbaikan yang pendanaannya bersumber dari bankeu.

Yakni penataan trotoar di dalam kota Kuningan, rehabilitasi jalan Ciawigebang-Suganangan, Kadurama-Kalimanggis dan juga rehabilitasi ruas jalan Purwasari-Sindangagung. 

"Ruas jalan lingkar timur juga akan direhabilitasi. Lajur sebelahnya akan dihotmik. Anggarannya Rp2 miliar. Panjangnya antara 1,5 hingga 2 kilometer. Yang lajur sebelahnya kan sudah dihotmik di tahun 2023 lalu," terang Teddy. 

Rehabilitasi jalan, lanjut Teddy, juga menyentuh ruas Cibingbin-Citenjo, Cigedang-Cineumbeuy, Ciputat-Geresik dan Maleber- Pakembangan.

BACA JUGA:5 Manfaat Tanaman Bambu Rezeki Membawa Keberuntungan yang Jarang Diketahui

Sedangkan anggaran rehabilitasi jalan yang berasal dari DAK hanya satu ruas jalan yakni Ciwaru-Cilebak. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: