Ular Piton di Lereng Gunung Ciremai, Tampak Buas Tapi Cantik, Panjangnya Lebih dari 4 Meter

Ular Piton di Lereng Gunung Ciremai, Tampak Buas Tapi Cantik, Panjangnya Lebih dari 4 Meter

Ular piton di Sato Land, Palutungan, Kabupaten Kuningan. -Dok-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Ada seokor ular piton cukup besar dan panjang di lereng Gunung Ciremai. Tepatnya di Palutungan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Selain besar dan panjang, jika diperhatikan sekilas, ular ini terlihat buas. Namun jika dilihat detail kulitnya secara seksama, justru tampak cantik dan mewah.

Reptil yang ada di lereng gunung tertinggi di Jawa Barat ini lumayan besar dan panjang. Besar hampir sama dengan paha kaki pria dewasa. Panjangnya mencapai lebih dari 4 meter.

Ular yang lokasinya tak jauh dari pos pendakian Gunung Ciremai di Palutungan ini, berjenis python reticulated. Ular ini bisa memangsa mamalia berukuran kecil hingga besar.

BACA JUGA:Udara Semakin Segar! 5 Tanaman Hias ini Menyerap Kelembaban Kamar Mandi

Ular jenis ini juga sering disebut sanca batik. Bukan hanya mamalia, terkadang ular jenis ini juga memangsa burung. Karena itu, walau tampak cantik, ular ini termasuk jenis yang buas.

Saat masih kecil pun ular ini sudah memakan binatang yang lebih kecil. Biasanya reptil dan amfibi yang selalu dijadikan sasaran untuk dimangsa.

Ular yang berada di dekat jalan raya Palutungan ini, hampir mirip dengan jenis Piton Batu Afrika Tengah. Seperti diketahui jenis ular ini memiliki panjang sekitar 3 hingga 5 meter.

Padahal ular Piton pada umumnya, panjang  bisa mencapai lebih dari 10 meter. Juga memiliki tubuh yang perkasa.

BACA JUGA:5 Pelatih dari Italia di Piala Eropa 2024, Bukti Kedalaman Strategi dan Kualitas Calcio!

Jika menyergap mangsanya, cukup dengan melingkari dengan sangat erat. Mangsanya pun akan lemas dan berakhir dengan kematian hanya dalam hitungan menit. Kemudian ular ini menelan makanan utuh-utuh.

Mengapa ular ini tampak cantik? Sebab di antara ciri khas banyak ular ini adalah pola detail yang terdapat pada kulitnya. Tampak bersisik. Hal ini yang membuat kulit ular inj terlihat seperti permadani yang mewah.

Jika dilihat dari umur ular piton sangat bervariasi. Hal itu sangat tergantung spesies dan lingkungannya.

Namun, pada umumnya ular ini dapat hidup selama beberapa dekade. Bahkan beberapa spesies dapat hidup 30 hingga 40 tahun di alam liar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: