Wajib Tau, Mengenal Cemara Laut, Jenis Tanaman dengan Segudang Manfaat

Wajib Tau, Mengenal Cemara Laut, Jenis Tanaman dengan Segudang Manfaat

Sesuai dengan tempat tumbuhnya, cemara laut tahan terhadap tempat dengan kandungan garam yang tinggi yaitu wilayah pesisir.--Tourbanyuwangi - Tangkapan layar

RADARKUNINGAN.COM - Kamu pasti tahu pohon cemara bukan? Namun, tanaman cemara yang satu ini bukan pohon yang tumbuh diatas bukit.

Jenis cemara yang satu ini tumbuh di kawasan pesisir, sehingga disebutnya cemara laut.

Tanaman dengan nama ilmiah Casuarina equisetifolia, merupakan salah satu jenis pohon dengan keunikan dan manfaatnya tersendiri bagi kehidupan.

Cemara laut dapat tumbuh pada wilayah tropis maupun subtropis termasuk di Indonesia. Dimana dapat dijumpai pada wilayah pesisir dan pantai.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Jenis Kucing Ramah Untuk Dipelihara Anak, Bisa Jadi Teman Bermain Asik, Apalagi No. 1!

Untuk lebih mengetahui dan mengenalnya, bagaimana ciri-ciri hingga kegunaan, simak beberapa ulasannya sebagai berikut. 

Pertama, Seperti pada umumnya, pohon cemara laut memiliki bentuk yang unik. Khususnya dapat dilihat dari bentuk daunnya.

Dilansir agrotanisejahtera.co.id (2023), ciri-ciri yang dimiliki yaitu daunnya yang berbentuk mirip jarum dengan panjangnya mulai dari 15 hingga 30 cm.

Susunan daun yang lebat, tumbuh rapat dirantingnya, dengan warna hijau.Batangnya berwarna abu-abu kecoklatan dengan struktur kuat, yang terlihat kokoh.

BACA JUGA:5 Merk Makanan Kucing Berkualitas Dengan Harga Murah, Jangan Lewatkan Untuk Anabul Kesayangan!

Batang ini terdapat percabangan ranting menyerupai jarum yang cukup banyak, panjangnya kurang lebih 30 cm. Jenis akarnya tunggang dengan warna kekuningan.

Dari klasifikasi yang dimiliki cemara laut tergolong dalam keluarga Casuarinaceae. 

Kedua, Tanaman cemara laut menghasilkan buah, dilansir lindungihutan.com (2022), buahnya berbentuk bulat memanjang dan kerucut. Dalam buah tersebut terdapat biji yang terlihat banyak.

Cemara laut termasuk tanaman runjung atau konifer yang merupakan kelompok tanaman dengan runjung atau cone sebagai bagian pembawa biji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarkuningan.com