Asal Usul Desa Sampora Kuningan Jawa Barat, Memiliki Wilayah Strategis Antara Kuningan Dengan Cirebon

Asal Usul Desa Sampora Kuningan Jawa Barat, Memiliki Wilayah Strategis Antara Kuningan Dengan Cirebon

Asal usul Desa Sampora Kuningan Jawa Barat yang memiliki wilayah strategis antara Kuningan dengan Cirebon.-Tokopedai-radarkuningan.com

Mengutip laman desa-sampora.kuningankab.go.id, terdapat kelompok keluarga hidup sebagai petani dan bermukim pada daerah sekitaran sawah, disebut sebagai Sampora Lebak.

Karena letak desanya sangat strategis, berada di jalur jalan Kuningan Cirebon, menjadikan daerah daratannya banyak yang bermukim, dan penduduk yang rumahnya terletak disawah kini berpindah pada daerah daratan.

BACA JUGA:Ragnar Oratmangoen Dirumorkan ke Bali United? Kata Netizen: Sebaiknya Jangan Terlalu Gegabah 

Nama Desa Sampora Menurut Pakar Sejarah

Memiliki makna dari kata 'lembur Sampeuran' yang mengartikan banyak penduduk pendatang bermukim hingga berkeluarga di Desa Sampora. 

Sampora ini diambil dari kata 'Sampeu Ngora' hal tersebut menggambarkan pada waktu penjajahan Jepang terjadi kelaparan.

Pada wilayah Desa Sampora yang memiliki luas daerah terdapat tanaman ketela pohon masih muda sehingga sebagai bahan makanan pokok pengganti nasi pada masa penjajahan. 

Selain itu Sampora juga diambil dari  kata 'Sampeureun Jalma Ngora' memiliki arti tempat berkumpulnya anak-anak muda ketika waktu pementasan hiburan kesenian sunda.

BACA JUGA:Sejarah Desa Sampora Menjadi Tempat Penempatan Senjata Modern Masa Penjajahan Belanda

Itulah sejarah Desa Sampora di Kuningan Jawa Barat menurut pakarnya, yang dikutip dalam laman resmi desa-sampora.kuningankab.go.id, semoga informasi ini bisa dijadikan edukasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: