Ditemukan Bangkai Hewan, Diduga Dimangsa Macan Tutul di Gunungmanik Kuningan, Tak Jauh dari Lokasi Camera Trap

Ditemukan Bangkai Hewan, Diduga Dimangsa Macan Tutul di Gunungmanik Kuningan, Tak Jauh dari Lokasi Camera Trap

Warga Desa Gunungmanik, Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan menemukan bangkai hewan diduga dimangsa macan tutul.-Warga Gunungmanik for-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Bangkai hewan yang diduga sejenis monyet ekor panjang ditemukan warga di sekitar lokasi kemunculan macan tutul di Desa Gunungmanik, Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan.

Dari informasi Kepala Desa Gunungmanik, Juhari Haryanto mengungkapkan, diperkirakan lokasi bangkai hewan tersebut tidak jauh dari tempat macan tutul jawa tersebut tertangkap kamera.

"Jaraknya sekitar 5 meter dari jalan raya, kan tebing diatasnya tuh," kata Juhari, kepada radarkuningan.com, Minggu, 14, Juli 2024.

Menurut dia, berdasarkan informasi yang diterima dari beberapa foto camera trap, macan tutul tersebut masih terus berkeliaran meski tidak terjadi perjumpaan dengan warga.

BACA JUGA:Tak Perlu CAS! Erick Thohir Jago Lobi, Kenapa Tak Tuntaskan Maarten Paes di FIFA? Exco: Kita masih usaha

Soal keberadaan macan tutul jawa tersebut, pemerintah desa telah menyerahkan kepada BPBD dan ke Pj Bupati Kuningan yang diteruskan kepada BKSDA untuk penanganan selanjutnya.

"Masyarakat terus terang waswas dan suasana mencekam siang malam. Jadi mudah-mudahan bisa segera ada tindak lanjut," sebutnya.

Lokasi kemunculan macan tutul jawa tersebut dekat dengan area permukiman, bahkan dekat dengan jalan raya  yang menjadi akses ke Dusun Ciraharja.

Dia berharap agar tindak lanjut dapat segera dilakukan. Apakah mengembalikan macan tutul tersebut ke habitat aslinya di dalam hutan, atau ditangkap untuk dilepasliarkan di daerah lain.

BACA JUGA:Naturalisasi Maarten Paes Bisa Sia-sia, Exco PSSI: Kami Sedang Berusaha, Percayakan Saja Pada Kami

Tindakan ini perlu segera dilakukan mengingat warga sekarang sedang panen, kemudian Hari Senin, 15, Juli 2024 anak-anak sudah masuk sekolah.

"Warga sini sedang panen, perlu ke sawah. Sebentar lagi sekolah, melintasi jalan itu kan salah satu akses utamanya," tuturnya.

Polemik Pemasangan Camera Trap

Seperti diketahui, baru-baru ini juga terjadi polemik pasca tersebarnya foto dari camera trap sekelompok relawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: