Penanganan Macan Tutul Gunungmanik Perlu Kerjasama Antar Pihak Terkait

Penanganan Macan Tutul Gunungmanik Perlu Kerjasama Antar Pihak Terkait

Penanganan macan tutul di Desa Gunungmanik, Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan memerlukan kerjasama pihak terkait. -Dokumentasi-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Fenomena macan tutul turun gunung di Desa Gunungmanik, Kecamatan Ciniru Kabupaten Kuningan, memerlukan kerjasama para pihak terkait.

BKSDA, BPBD, TNI/ POLRI, tak terkecuali tokoh masyarakat setempat, melakukan sosialisasi bersama.

Melalui forum pertemuan tersebut, Kepala BKSDA Resor Cirebon, Slamet Priyambada menyampaikan, penanganan kemunculan satwa macan tutul di Gunungmanik melibatkan banyak pihak terkait untuk mencari solisi.

"Penanganan akan dilakukan sesuai tahapan penilaian. Untuk itu, diperlukan kerjasama yang baik antar pihak tidak terkecuali dari organisasi atau forum yang konsisten terhadap keberlangsungan kehidupan liar di alam," ungkap Slamet kepada radarkuningan.com, Senin, 15 Juli 2024.

BACA JUGA:10 Pilihan Tipe dan Merk Mobil Bekas Murah Terbaru dan Terbaik yang Bisa Anda Dapatkan di Pasar Mobil Kuningan

BACA JUGA:Ini Dia 5 Rekomendasi Jalur Pendakian Gunung Ciremai dari yang Termudah Hingga yang Tersulit

Dalam penjelasannya, pihaknya mengakui banyak yang membantu dalam memberikan kajian ilmiah. Hal itu, bermanfaat untuk pengembalian keputusan.

Terutama, dalam penanganan konflik satwa liar tidak serta merta harus dilakukan penangkapan dan relokasi, melainkan dengan menyesuaikan dengan level kerawanannya.

"Tapi dilakukan penanganan sesuai dengan level kerawanannya, seperti penghalauan dan pengusiran satwa utk masuk lebih jauh di dalam kawasan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: