5 Tanaman yang Paling Tidak Disukai Kucing, Apa Saja?

5 Tanaman yang Paling Tidak Disukai Kucing, Apa Saja?

tanaman yang paling tidak disukai kucing-pinterest-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Kucing adalah hewan yang lucu dan juga menggemaskan terutama untuk dijadikan hewan peliharaan.

Namun tidak semua orang menyukai kucing, terutama kucing liar. saat mereka masuk ke halaman rumah, mereka bisa merusak tanaman.

Mereka tidak hanya menggali tanaman atau petak bunga, tetapi juga sering meninggalkan kotoran yang tentunya akan menimbulkan bau tidak sedap.

Jika kucing liar sering datang ke halaman Anda, membersihkan sisa kotoran seperti pipis atau pupnya bisa sangat merepotkan.

BACA JUGA:Viral Maarten Paes Perkuat Benteng Pertahanan Timnas Indonesia, Media Vietnam Beri Respon Seperti Ini

Berikut adalah beberapa tanaman yang paling tidak disukai kucing dan bisa membantu melindungi halaman rumah.

1.Rosemary

Jika Anda menanam kebun herbal, rosemary adalah salah satu tanaman yang efektif untuk mengusir kucing. Walaupun aromanya menyegarkan bagi kita, kucing tidak suka dengan baunya yang kuat.

Rosemary juga mudah ditanam di pot kecil dalam ruangan dan merupakan tanaman yang tahan lama. Cukup disiram dan dipindahkan ke pot baru sesekali, tanaman ini bisa bertahan lama. Letakkan rosemary di sekitar halaman, balkon, atau area lain yang sering dikunjungi kucing.

BACA JUGA:RESMI! Punggawa Timnas Indonesia Marselino Ferdinan Gabung Klub Milik Erick Thohir, Oxford United

Anda juga bisa membuat semprotan pengusir kucing sendiri. Isi botol semprot dengan ¾ air, tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring dan 10 tetes minyak esensial rosemary.

Kocok dengan baik sebelum menyemprotkannya di area yang sering dikunjungi kucing — aromanya yang kuat akan membuat mereka menjauh.

2.Oregano

Oregano juga merupakan herbal aromatik yang tidak disukai kucing. Tanaman ini mengandung senyawa alami bernama carvacrol yang bisa mengiritasi pernapasan kucing, membuat mereka menjauhi area di mana oregano tumbuh.

Oregano mudah ditanam dan cocok di tanah yang cepat kering. Tanam di pot terakota dan tempatkan di area yang terkena sinar matahari sebagian atau penuh. Anda juga bisa menaburkan oregano kering di area yang sering didatangi kucing.

BACA JUGA:Hasil Babak Pertama Dewa United vs Persib Bandung di Liga 1 2024/2025, Tangsel Warrior Sempat Tertinggal

Ingat, oregano beracun jika dimakan kucing, tapi aromanya seharusnya sudah cukup untuk membuat mereka menjauh.

3.Geranium

Geranium bukan hanya menambah warna di halaman Anda, tetapi juga bisa mengusir kucing. Selain aromanya yang tidak disukai kucing, geranium juga memiliki daun berduri yang membuat kucing tidak nyaman saat berjalan di atasnya.

Geranium mudah ditanam di hampir semua jenis tanah, kecuali tanah yang basah, dan tumbuh subur di bawah sinar matahari atau naungan ringan.

Meskipun tanaman ini memerlukan perawatan yang minim, memotong bunga yang sudah layu secara rutin bisa mencegah penyakit dan mendorong pertumbuhan yang sehat.

Tanaman berduri lain seperti mawar, semak blackberry, atau holly juga bisa digunakan untuk menjauhkan kucing.

BACA JUGA:Ridwan Kamil - Suswono Deklarasi Cagub - Cawagub Jakarta, 12 Sekjen Partai Tanda Tangan Dukungan

4.Lavender

Lavender dengan bunga ungunya yang cantik dan aromanya yang menenangkan sangat disukai banyak orang, tetapi tidak bagi kucing.

Kucing tidak suka dengan aroma lavender karena mengandung linalool, senyawa yang biasanya ada di pengusir serangga.

Lavender adalah tanaman yang tahan lama dan bisa ditanam sepanjang tahun. Sebaiknya tanam varietas tinggi untuk melindungi batas halaman Anda dan mencegah kucing melompat ke petak bunga Anda.

Tanaman yang tahan kekeringan ini juga bisa bertahan lama tanpa air dan bahkan mampu bertahan dalam kondisi beku.

BACA JUGA:Tentang Elkan Baggott Dan Maarten Paes, Coach Justin Ajak Indonesia Bersatu Jelang Piala Dunia, Ini Katanya!

5.Citronella

Sereh wangi atau citronella adalah tanaman tropis dengan aroma citrus segar yang menyenangkan bagi kita, tapi terlalu kuat untuk kucing. Itulah mengapa tanaman ini sering digunakan untuk mengusir kucing.

Tanam sereh wangi di petak kebun Anda atau tempatkan potnya di luar ruangan untuk menjauhkan kucing. Tanaman ini tumbuh subur di lingkungan yang panas dengan sinar matahari penuh. Perawatannya pun mudah, cukup disiram secara teratur di bulan-bulan panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: