Percepat Akurasi Database Penduduk, Disdukcapil Kuningan Jemput Bola ke Sekolah

Percepat Akurasi Database Penduduk, Disdukcapil Kuningan Jemput Bola ke Sekolah

Ratusan pelajar melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di Auditorium SMKN 3 Kuningan, Senin 25 Juli 2022.-Ale/Radar Kuningan-

KUNINGAN, RADAR KUNINGAN - Untuk mempercepat proses akurasi database, Disdukcapil Kabupaten KUNINGAN mendatangi sekolah-sekolah untuk perekaman data.

Perekaman data yang dilakukan Disdukcapil Kabupaten Kuningan di sekolah, supaya pelajar yang sudah memasuki usia 16-17 tahun, sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Upaya yang dilakukan Disdukcapil, ratusan pelajar melakukan perekaman KTP elektronik (e-KTP) di Auditorium SMKN 3 Kuningan, Senin 25 Juli 2022.

Wakil Bupati Kuningan, HM Ridho Suganda yang hadir dalam prekaman data tersebut mengatakan, KTP wajib dimiliki oleh setia warga negara Indonesia yang telah memenuhi ketentuan, termasuk warga negara asing yang memilki izin menetap/tinggal di Indonesia. 

Karena fungsi utama KTP dikatakan HM Ridho, sebagai data resmi kependudukan yang berisi data diri, selain sebagai syarat layanan publik hingga program pemerintah.

BACA JUGA:Ditinggal Pemiliki Bertamu, Sedan Nyemplung Sendiri ke Parit

“KTP itu sangat penting, karena diperlukan untuk berbagai layanan," ucap HM Ridho.

Ridho menjelaskan, keberadaan KTP sangat vital, diantaranya melamar pekerjaan, buka rekening bank, membuat SIM, menikah, syarat untuk mendapat bantuan sosial, dan jaminan sosial.

"Dan untuk layanan publik lainnya, KTP pasti dibutuhkan,” papar HM Ridho.

Selanjutnya Ridho berpesan kepada para pelajar yang hadir, untuk mengikuti pelaksanaan perekaman KTP dengan tertib. 

“Kepada petugas dari Disdukcapil juga, saya minta fotonya yang bagus, adik-adik juga harus senyum ya pas difotonya, biar hasil foto di KTPnya bagus,” ucapnya.

BACA JUGA:Hj Heni Terpilih jadi Direktur PDAU Kuningan, Target Kembangkan Wisata dan Ekspansi ke Bisnis Lain

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Kuningan Drs Yudi Nugraha MPd menyampaikan, pelaksanaan perekaman KTP bagi para pelajar SMA/SMK/MA, merupakan program jemput bola untuk mempermudah layanan kependudukan. 

Pihaknya akan terus melakukan perekaman di sekolah-sekolah agar percepatan layanan adminduk di Kabupaten Kuningan dapat terwujud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: