Paling Sibuk, DPUTR Perbaiki Jalan Rute Tour de Linggarjati

Paling Sibuk, DPUTR Perbaiki Jalan Rute Tour de Linggarjati

Ruas Jalan Aruji yang menjadi rute tour de linggarjati sudah mulus setelah dihotmik ulang. (Agus Sugiarto)--

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Sejumlah instansi di Pemkab Kuningan disibukan oleh persiapan gelaran tahunan, Tour de Linggarjati 2022. Yang paling sibuk yakni Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (DPUTR) Kuningan.

Bagaimana tidak, dinas ini menjadi benteng pemerintah dalam menyiapkan infrastruktur pendukung jalan yang akan dilalui pesertta Tour de Linggarjati. Ruas jalan yang sudah kadung masuk dalam daftar rute balapan dan kondisinya rusak, tentu harus segera diperbaiki.
 
 
Apalagi panjang jalan yang akan dilalui para peserta terutama untuk nomor IRR Elite Tour de Linggarjati 2022, mebcapai 131,2 km dengan melibtasi puluhan desa serta kecamatan. Karena itu, untuk keselamatan para pembalap, ruas jalan yang masuk dalam rute ini harus benar benar mulus tanpa lubang. 
 
Anggaran untuk perbaikan jalan sendiri lumayan besar.  Untungnya, sebagian besar ruas jalan tersebut sebelumnya sudah diperbaiki oleh rekanan melalui program rutin tahunan DPUTR Kuningan.
 
 
"Wilayah Kalimanggis juga sudah mulus. Sebab, sebelumnya ada perbaikan dan penghotmikan ulang dari APBD Kuningan. Jalan Aruji di pusat kota Kuningan juga sudah dihotmik ulang. Jalannya cukup lebar," papar Kabid Bina Marga pada DPUTR Kuningan, Teddy Sukmajayadi.
 
Teddy mengakui bahwa ada beberapa ruas jalan yang harus diperbaiki karena menjadi rute Tour de Linggarjati. Pihaknya tudak ingin kemeriahan dan keseruan balapan terganggu oleh kondisi jalan yang tidak memadai. Teddy tak mempermasalahkan perbaikan asalkan diberi waktu mengingat saat ini alat berat banyak digunakan rekanan mengerjakan proyek jalan. 
 
 
"Waktunya butuh lama untuk perbaikan. Tidak bisa mendadak. Kan harus mobilisasi alat, tenaga kerja dan juga persiapan lainnya. Dan kebetulan juga saat ini banyak rekanan yang menggunakan alat berat milik DPUTR dalam mengerjakan proyeknya. Jadi, lebih baik jauh hari diberitahunya agar pengerjannya juga maksimal," ujar Teddy, Kamis 29 September 2022.
 
Untuk ruas jalan Kuningan utara, Teddy merasa tenang karena kondisinya cukup bagus. Sehingga tak perlu perbaikan besar besaran. Kerusakan ringan bisa dilakukan dengan penambalan.
 
"Ada yang sedikit rusak di Desa Karangsari, Darma. Dan itu bisa segera bisa kami perbaiki. Secara umum wilayah Kuningan utara relatif aman untuk para peserta balapan," jawabnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: