Kuota Caleg Terpenuhi, PAN Patok Target 9 Kursi di DPRD Kuningan

Kuota Caleg Terpenuhi, PAN Patok Target 9 Kursi di DPRD Kuningan

DPD PAN Kabupaten Kuningan menargetkan 9 kursi DPRD Kuningan di Pileg 2024. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN COM- Target tinggi diapungkan DPD PAN Kabupaten Kuningan di Pileg 2024. Partai berlambang matahari terbit tersebut menargetkan perolehan sebanyak 9 kursi di DPRD Kuningan.

Saat ini PAN mendudukan lima wakilnya di parlemen daerah hasil dari Pileg 2019. 

Kendati cukup berat namun pengurus partai menganggap target ini realistis. Sebab PAN pernah menjadi partai peraih kursi terbanyak di DPRD Kuningan dibawah PDI Perjuangan.
 
Itu terjadi di Pileg 2014 dimana PAN sukses merebut 8 kursi.
 
 
Namun di Pileg 2019, jumlah kursi PAN menurun. Partai ini kehilangan tiga kursi. Yang menyesakan, dua daerah pemilihan yakni Dapil IV dan V, PAN tidak tidak berhasil meraih kursi.
 
Pengalaman pahit inilah yang membuat pengurus parta kembali bangkit menyongsong even lima tahunan tersebut.
 
Nah momen keemasan ini kembali direnda oleh Ketua DPD PAN Kuningan, H Uba Sobari AK. Mantan Ketua BPC Gapensi itu sudah menargetkan partainya bisa meraih 9 kursi untuk Pileg mendatang.
 
Apalagi sekarang, pengurus partai, kader, sayap partai dan caleg dalam trek yang benar. Disamping itu juga kompak dan saling mendukung.
 
 
Uba mengatakan, target 9 kursi di DPRD Kuningan bukan mengada-ngada atau hanya halunisasi.
 
Karena partai sudah menyiapkan bakal calon legislatif (bacaleg) yang benar benar kompeten di setiap daerah pemilihan (Dapil). Untuk Kabupaten Kuningan, ada 5 Dapil.
 
"Memang saya belum lama memimpin PAN di Kuningan. Tapi itu bukan alasan bagi PAN untuk keder menghadapi Pileg 2014. Partai sudah menyiapkan bacaleg yang kemampuannya tidak diragukan lagi. Bacaleg ini berasal dari berbagai profesi," terang H Uba kepada radarkuningan.com.
 
 
Di Pileg nanti, kuota caleg PAN sudah terpenuhi yakni 50 orang. Begitu juga kuota caleg perempuan sudah sesuai dengan aturan.
 
"Kuota caleg sudah aman. Jumlah 50 caleh ini untuk 5 daerah pemilihan. Banyak wajah baru yang kami pasang di setiap dapilnya," ujar Uba, Sabtu 25 Februari 2023.
 
Yang menarik, dua daerah pemilihan akan tanpa caleg incumbent. Yaitu Dapil I dan Ii. Penyebabnya, incumbent pindah dapil dan tidak mencalonkan diri lagi.
 
"Pak Nunung Sanuhri dari Dapil I, tidak maju lagi. Putra beliau yang akan maju," sebut Uba. 
 
 
Sedangkan dari Dapil II, tidak ada nama incumbent H Udin Kusnedi. Mantan Ketua DPD PAN Kuningan itu memilih pindah ke Dapil I. Adik Udin,  Hj Lin Yulyanti masuk sebagai caleg PAN dari Dapil II.
 
"Pak Udin pindah ke Dapil I. Saya sendiri kembali maju dari Dapil III," pungkasnya. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: