Ratusan Warga Pancalang Serbu Balai Desa, Nikmati Pelayanan Gratis 13 SKPD

Ratusan Warga Pancalang Serbu Balai Desa, Nikmati Pelayanan Gratis 13 SKPD

Bappenda Kuningan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ingin membayar PBB saat acara Kuningan SIPP di Kecamatan Pancalang, Rabu 15 Maret 2023. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Antusiasme tinggi diperlihatkan masyarakat Kecamatan Pancalang, Kabupaten Kuningan. Ratusan warga di kecamatan tersebut 'menyerbu' halaman Balai Desa Pancalang, Rabu 15 Maret 2023.

Di tempat tersebut, Pemkab Kuningan menggelar program Kuningan Sinergis Integrasi Pelayanan Publik (SIPP) ke tujuh.

Wabup HM Ridho Suganda membuka langsung kegiatan tersebut. Wajah cerah diperlihatkan putra bungsu mendiang bupati dua periode, H Aang Hamid Suganda.
 
 
Bahkan Wabup Ridho berkeliling memantau berbagai pelayanan bagi masyarakat itu. Wabup juga menyapa masyarakat dengan senyum khasnya 
 
Sekda, H Dian Rachmat Yanuar juga menyambangi lokasi acara. Orang kuat ketiga di Kabupaten Kuningan tersebut tersenyum lebar kala warga menyambutnya. Sekda langsung menuju Wabup Ridho dan mengajaknya berbincang-bincang.
 
Program Kuningan SIPP sendiri dimotori Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kuningan. Berbagai jenis pelayanan untuk masyarakat dihadirkan.
 
 
Mulai dari pelayanan keluarga berencana (KB), Kependudukan, pembayaran pajak bumi dan bangunan, pertanahan, pembayaran pajak kendaraan, dan menabung. Termasuk pelayanan kesehatan serta donor darah.
 
Kepala DPMPTSP Kuningan, Agus Sadeli menerangkan, program Kuningan SIPP sudah berlangsung selama tujuh bulan. Di Kecamatan Pancalang adalah yang ketujuh. Tempat pelaksanaan kegiatan ini selalu berubah. Ini untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan.
 
 
"Berbagai pelayanan masyarakat kami hadirkab di sini. Termasuk juga operasi pasar murah. Dimana masyarakat bisa membeli kebutuhan pokok seperti beras dengan murah. Untuk pelayanan publik, semuanya gratis. Kecuali operasi pasar murah," papar Agus Sadeli kepada radarkuningan.com.
 
Hampir 13 satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terlibat dalam program Kuningan SIPP. Ke 7. Kegiatan ini mendapat respon besar dari masyarakat setempat. Misalnya saja pemasangan alat KB. Banyak ibu rumah tangga yang memilih untuk KB. 
 
 
"Kami memberikan pelayanan pemasangan KB di tempat. Jenisnya IUD, implan dan suntik  Alhamdulillah warga sangat senang karena bisa datang langsung ke tempat yang sudah disediakan," terang Trisman Supriatna, Kepala Dinas PPKBP3A, Rabu 15 Maret 2023.
 
Warga Kecamatan Pancalang memanfaatkan program ini untuk membayar SPPT Pajak Bumi dan Bangunan di tenda yang disediakan Bappenda Kuningan. Kerumunan masyarakat juga terlihat di pelayanan Kependudukan. Banyak warga yang ingin membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP). (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: