Munggahan, Warga Singkup Kuningan Ramai-Ramai Bersihkan Pemakaman Umum

Munggahan, Warga Singkup Kuningan Ramai-Ramai Bersihkan Pemakaman Umum

Usai membersihkan makam, warga memilih duduk duduk sambil melepaskan lelah.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Seolah sudah menjadi tradisi, menyambut datangnya bulan Ramadan, warga Singkup, Kecamatan Japara, Kuningan, rama-ramai mendatangi pemakaman umum, Minggu pagi 19 Maret 2023.

Tua, muda, anak-anak pun ikut serta. Tak ketinggalan kaum Hawa memantapkan hati untuk ambil bagian. Yang laki-laki terlihat membawa berbagai peralatan senjata tajam. Seperti golok, arit, pedang, cangkul dan lainnya.

Sedangkan yang perempuan di tangannya menggenggam sapu lidi, serta cangkul kecil atau kored. Sejak pagi, warga sudah berdatangan ke lokasi pemakaman umum yang berada di sebelah timur desa 

 
Kerja bakti membersihkan area pemakaman umum sendiri sudah menjadi tradisi di desa tersebut, dan sudah berlangsung turun temurun 
 
Biasanya mereka turun ke pemakaman beberapa hari menjelang bulan Ramadan. Area pemakaman yang sebelumnya dipenuhi aneka jenis rumput, langsung dibersihkan.
 
Kepala Desa Singkup, Mashud mengaky bangga dengan sifat gotong royong yang masih mengakar kuat dalam diri warganya. Bahkan tak hanya orang dewasa saja yang ikut gotong royong membersihkan area kuburan melainkan juga yang sudah sepuh.
 
Sikap guyub yang ditunjukkan warganya membuat pekerjaan berat tersebut terasa ringan.
 
 
"Alhamdulillah warga Singkup masih kuat jiwa gotong royongnya. Area pemakaman yang cukup luas ini sekarang sudah sangat bersih. Itu tidak terlepas dari tradisi membersihkan pemakaman umum yang sudah mendarah daging," ujar Mashud kepada radarkuningan com.
 
Mashud pun mengatakan, tradisi membersihkan area pemakan adalah salah satu tradisi munggahan yang masih dijaga oleh warganya. Setelah area pemakaman selesai dibersihkan kemudian dilanjutkan dengan berdoa.
 
"Ibu-ibu juga membawa makanan. Sehingga kami menggelar makan bersama usai kerja bakti," katanya, Minggu 19 Maret 2023.
 
 
Salah seorang warga, Dede Sumiati dan suami serta anaknya nampak bekerja keras membersihkan makam keluarganya. Dia mencabuti rumput di sekitar makam, dan menyapunya. Hampir satu jam lamanya, dia dan suaminya berkeliling ke beberapa makam untuk membersihkannya. 
 
Menurut Dede, saban tahun terutama menjelang Ramadan, ikut serta ke pemakaman umum untuk kerja bakti. Kendati pekerjaan di rumah juga sudah banyak, tapi tak menyurutkan niatnya bergabung dengan warga lain membersihkan TPU.
 
"Membersihkan makam keluarga sambil ziarah. Apalagi sebentar lagi bulan Ramadan," ungkapnya. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: