Tata Bumi Perkemahan Batu Lamar, Pemdes Singkup Pasang 6 Titik Lampu PJU

Tata Bumi Perkemahan Batu Lamar, Pemdes Singkup Pasang 6 Titik Lampu PJU

Pemdes Singkup, Kecamatan Japara, Kuningan memasang lampu penerangan jalan umum di area bumi perkemahan Batu Lamar, Kamis 23 Maret 2023. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Pelan namun pasti, Pemdes Singkup, Kecamatan Japara, Kuningan kembali mengalokasikan anggaran untuk menata bumi perkemahan Batu Lamar. Kali ini, pemdes memasang lampu penerangan jalan umum (PJU) di sekitar area bumi perkemahan. Pada anggaran tahun ini, dipasang 6 titik lampu PJU.

Pemasangan lampu PJU mulai dilakukan hari Kamis 23 Maret 2023. Selain memasang lampu penerangan, pihak pemdes juga berniat menambah fasilitas pendukung di area tersebut. Seperti kamar kecil, kamar mandi dan area untuk pedagang. 
 
 
Ketua BPD Desa Singkup, Jojo mengatakan, penataan bumi perkemahan Batu Lamar memang sudah masuk dalam APBDes. Tujuannya yakni mencari pemasukan asli desa dari sektor wisata.
 
"Alhamdulillah penataan Batu Lamar terus dilakukan. Mudah-mudahan saja tahun depan semua fasilitas pendukung sudah terbangun," ujar Jojo, Kamis 23 Maret 2023. 
 
 
Jojo merasa yakin, bumi Perkemahan Batu Lamar akan menjadi lokasi favorit sekolah yang akan mengadakan perkemahan.
 
Alasannya, Batu Lamar mempunyai pemandangan yang menarik. Sejauh mata memandang hanya hamparan sawah. Bahkan di lokasi tersebut sudah berdiri Saung Tani dua lantai.
 
"Jika cuaca cerah, Gunung Slamet di Jawa Tengah yang berada di timur desa akan terlihat jelas. Kemudian kalau ke arah barat, nampak Gunung Ciremai. Pemandangannya sangat indah. Apalagi alamnya masih asri dan sejuk," katanya.
 
 
Untuk akses jalan menuju bumi perkemahan, kata Jojo, juga sudah tersedia namun memang jalannya tidak terlalu lebar. Kendaraan roda empat bisa langsung masuk ke lokasi perkemahan.
 
"Tinggal penyediaan fasilitas MCK yang belum terpenuhi. Untuk penerangan, kami kira sudah cukup," jelas Jojo.
 
Sedangkan Kepala Desa Singkup, Mashud mengakui jika pihaknya sangat ingin agar bumi perkemahan bisa segera beroperasi.
 
 
Kades Mashud merasa yakin, ekonomi masyarakat di desanya akab terdongkrak jika perkemahan sudah bisa dioperasikan. 
 
"Masyarakat di desa ini akan mendapat manfaat yang besar kalau bumi perkemahan sudah berjalan. Warga bisa berdagang di sekitar lokasi. Untuk tempatnya, tentu akan kami sediakan. Di sekitar lokasi juga sudah ada musala. Semoga saja semua rencana ini bisa terlaksana dengan lancar," harap Mashud. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: