Hujan Deras, Pemukiman Warga Desa Susukan Kuningan Diterjang Banjir

Hujan Deras, Pemukiman Warga Desa Susukan Kuningan Diterjang Banjir

Hujan deras dengan intensitas sedang mengakibarkan banjir di Blok Puhun, Desa Susukan, Kecamatan Cipicung, Kuningan, Senin sore 1 Mei 2023.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Sejumlah desa di Kabupaten Kuningan mengalami banjir lantaran hujan deras yang mengguyur wilayah ini, Senin 1 Mei 2023.
 
Antara lain di Kecamatan Cipicung dan Ciawigebang. Di dua kecamatan, beberapa desa dilanda banjir yang cukup deras. Kejadian ini praktis mengagetkan warga karena sebelumnya tidak pernah kejadian banjir.
 
 
 
Berdasarkan informasi yang diperoleh radarkuningan.com, banjir terjadi di Desa Karoya dan Susukan Kecamatan Cipicung dan Desa Dukuhdalem, Kecamatan Ciawigebang.
 
Banjir memporakporandakan kebun dan masuk ke perumahan warga. Tidak ada korban dalam musibah banjir dadakan tersebut. 
 
Sufyan, warga Susukan, Kecamatan  Cipicung melaporkan, banjir yang menerjang desanya berlangsung hari Minggu 2 Mei 2023 sekitar pukul 16.00.
 
Air yang deras turun dari arah perumahan Jatinunggal yang tak jauh dari pemukiman warga Susukan. Saking derasnya, air sampai masuk ke rumah-rumah warga.
 
 
 
"Hujan turun lumayan deras sejak siang hingga sore hari. Di tengah hujan, warga Susukan dikejutkan dengan datangnya air bah dari arah perumahan Jatinunggal. Air juga masuk ke dalam rumah dan juga menggenangi halaman rumah. Cukup lama surutnya," ujar Sufyan, Senin 1 Mei 2023.
 
Sufyan juga mengatakan bahwa banjir yang menerjang ini adalah kali pertama yang terjadi di desanya. Sebab selama ini, desanya tak pernah ada banjir. 
 
"Dari dulu tak pernah ada banjir, baru sekarang terjadi. Ini setelah ada pembangunan perumahan. Lokasi perumahan lebih tinggi dari pemukiman warga," tuturnya.
 
 
 
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Indra Bayu Permana membenarkan peristiwa banjir yang terjadi di Desa Susukan, Kecamatan Cipicung serta desa lainnya. Untuk Desa Susukan, terjadi di Blok Puhun dan air menggenangi pemukiman warga. 
 
"Penyebab banjir karena hujan dengan intensitas sedang terjadi beberapa jam di wilayah tersebut. Banjir di Blok Puhun Desa Susukan sudah surut sebelum pukul 18.00. Tidak ada korban jiwa maupun cedera dalam musibah banjir ini. Kami dari BPBD terus melakukan pemantauan di lapangan," sebut Indra Bayu Permana. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: