Gubernur Jawab Status Zul , Ujang: Kami Sudah Saling Memahami, Menghormati Masing-masing

Selasa 22-12-2020,10:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN–Gubernur Jawa Barat HM Ridwan Kamil, masih mempertahankan Nuzul Rachdy SE sebagai Ketua DPRD Kuningan sesuai keputusan Nomor 170/KEP.775-Pemksm/2019 tanggal 24 September 2019. Kepastian tersebut tertuang dalam surat jawaban yang disampaikan Gubernur Jabar kepada Bupati Kuningan, tertanggal 7 Desember 2020.

Surat dari gubernur yang ditandatangani Sekda Jabar Dr Ir Setiawan Wangsaatmaja Dipl SE MEng (atas nama Gubernur Jabar) tersebut, merupakan jawaban atas surat keputusan DPRD Kuningan atas pemberhentian Ketua DPRD Nuzul Rachdy, yang sebelumnya disampaikan ke gubernur melalui Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH. Meski surat jawaban gubernur yang ditujukan kepada Bupati Kuningan itu keluar tanggal 7 Desember 2020, namun pimpinan DPRD Kuningan baru menerima tembusannya, Senin (21/12) kemarin.

Surat Gubernur Jabar Nomor : 5600/KPG.19.03/Pemksm, ini berisi tiga poin untuk menjawab surat dari Bupati Kuningan tertanggal 27 November 2020. Dijelaskan, dalam hukum acara Peradilan Tata Usaha Negara (PTUN) terdapat asas praduga keabsahan/rechtmatig (vemoeden van rechtmatigheid/praesumptio iustae causa), yakni bahwa setiap tindakan penguasa selalu harus dianggap sah/rechmatig sampai ada pembatalannya.

Kemudian, peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Kabupaten Kuningan telah ditetapkan melalui Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor : 170/KEP.775-Pemksm/2019 tanggal 24 September 2019. Disebutkan, pada pasal 38 ayat (3) Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018, dapat dipahami bahwa pemberhentian pimpinan DPRD kabupaten/kota diresmikan pemberhentiannya oleh gubernur sebagai wakil pemerintah pusat.

“Berkaitan dengan poin tersebut di atas, bahwa Ketua DPRD Kabupaten Kuningan berhenti secara resmi sejak ditetapkan dengan keputusan Gubernur Jawa Barat terkait pemberhentian yang bersangkutan. Adapun hak, kewenangan dan kewajiban yang melekat pada jabatan Ketua DPRD Kuningan masih berlaku sampai dengan ditetapkannya keputusan gubernur sebagaimana dimaksud,” jelas gubernur dalam suratnya itu.

Tak hanya satu surat, gubernur juga mengirimkan surat keduanya Nomor : 5803/KPG.19.03/Pemksm tertanggal 15 Desember 2020 kepada Bupati Kuningan, perihal usulan peresmian pemberhentian Ketua DPRD Kuningan. Dalam surat ini, gubernur memastikan belum dapat menindaklanjuti usulan peresmian pemberhentian Ketua DPRD Kuningan, sampai dengan adanya keputusan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, dan berkas persyaratan yang disampaikan sesuai peraturan perundang-undangan.

Surat gubernur itu guna menindaklanjuti  surat Bupati Kuningan Nomor 170/3098/Tapem, tanggal 27 November 2020 terkait usulan peresmian pemberhentian Ketua DPRD Kuningan. Gubernur pun menjelaskan tiga poin dalam jawabannya pada surat ini.

Poin pertama, dikatakan terdapat ketidaksesuaian antara pelaksanaan rapat paripurna DPRD Kabupaten Kuningan tanggal 23 November 2020 dengan dokumen keputusan DPRD yang dihasilkan dari rapat tersebut, yakni berupa Keputusan DPRD Kabupaten Kuningan Nomor 188.4/KPTS.10-DPRD/2020 tentang pemberhentian Ketua DPRD Kabupaten Kuningan masa jabatan 2019-2024 tertanggal 13 November 2020.

“Sedangkan secara faktual keputusan tersebut ditetapkan pada tanggal 23 November 2020 disertai perubahan judul dan isi dari keputusan DPRD yang dilaksanakan pada tanggal 13 November 2020. Sehingga keputusan yang dihasilkan seharusnya sesuai dengan mekanisme serta prosedur pembentukan produk hukum berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan,” jelas gubernur.

Poin kedua, Pemda Provinsi Jabar menerima surat Nomor S02/S.Kel-NK/ISW/XII/2020 tanggal 2 Desember 2020 perihal permohonan penundaan dari ISW Advocates and Legal Consultants selaku Kuasa Hukum Ketua DPRD Nuzul Rachdy, yang menyampaikan bahwa yang bersangkutan telah melakukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) terhadap keputusan DPRD Kuningan Nomor 188.4/KPTS.10-DPRD/2020 tentang pemberhentian Ketua DPRD Kuningan masa jabatan 2019-2024, dengan nomor register perkara 139/G/2020/PTUN.BDG.

“Dalam gugatan tersebut, saudara Nuzul Rachdy di antaranya memohon adanya penundaan terhadap pelaksanaan putusan Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Kuningan Nomor 001/Put/BK/XI/2020 tanggal 2 November 2020, dan keputusan DPRD Kabupaten Kuningan Nomor 188.4/KPTS.10-DPRD/2020 tanggal 13 November 2020,” kata gubernur.

Kemudian pada poin ketiga, tertulis dalam pasal 8 UU Nomor 30 tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan, disebutkan bahwa badan dan/atau pejabat pemerintahan dalam menggunakan wewenang, wajib berdasarkan peraturan perundang-undangan dan Asas Umum Pemerintah yang Baik (AUPB). Selanjutnya dalam pasal 9 disebutkan bahwa setiap keputusan dan/atau tindakan wajib berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan dan AUPB.

“AUPB yang dimaksud di antaranya asas kepastian hukum, ketidakberpihakan, kecermatan, tidak menyalahgunakan kewenangan, keterbukaan, kepentingan umum dan pelayanan yang baik,” jelas gubernur.

Atas adanya dua surat jawaban gubernur itu, pimpinan DPRD langsung menggelar rapat pimpinan (rapim) didampingi Sekretaris DPRD (Sekwan) HM Nurdijanto SH MSi dan para kabag di lingkungan setwan. Mereka pun bersepakat untuk menerima surat jawaban itu, dan tetap dalam kebersamaan untuk menjaga kondusivitas DPRD.

Usai rapim, tiga pimpinan yang hadir, yakni Ketua Nuzul Rachdy didampingi dua Wakil Ketua, H Ujang Kosasih MSi dan H Dede Ismail SIP MSi, beserta Sekwan HM Nurdijanto SH MSi, langsung menggelar konferensi pers di ruang Ketua DPRD. Pernyataan lebih dulu disampaikan Ketua DPRD Nuzul Rachdy.

Tags :
Kategori :

Terkait