Himpunan Penggiat Adiwiyata Dikukuhkan

Sabtu 06-03-2021,09:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN – Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia (HPAI) Kabupaten Kuningan resmi dikukuhkan. Acara pengukuhan dan pelantikan ini disaksikan langsung Bupati H Acep Purnama SH MH.

Kegiatan ini diwarnai pula dengan launching buku berjudul Bumi yang Indah Berawal dari Sekolah. Kegiatan berlangsung di SMAN 3 Kuningan, Jumat (5/3).

“Hari ini kita sudah menyelesaikan satu tahap yaitu pelantikan pengukuhan Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia Kuningan. Ini dibentuk atas dasar kesepakatan bersama saran dan pendapat dari HPAI Pusat, di mana maksud dan tujuannya begitu baik sangat mulia,” kata Bupati Acep saat mengawali sambutan.

Menurutnya, Sekolah Adiwiyata mengandung arti dan makna sangat baik. Yakni sekolah sehat, sekolah go green yang berwawasan lingkungan, sekolah yang hijau, sekolah yang penuh inspirasi dan sekolah yang penuh suasana kenyamanan. Karenanya, kedepan melalui Disdikbud akan membuat standarisasi pendidikan salah satunya dengan Sekolah Adiwiyata.

“Tentu ini dalam rangka membuat daya tarik kepercayaan dari orang tua atau wali murid,” ucapnya.

Tak lupa, Ia mengucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh jajaran HPAI yang resmi dilantik.

“Selamat bekerja, mari kita membuka ruang untuk berdiskusi berkolaborasi dalam rangka mewujudkan Kuningan menuju Kuningan Kabupaten Pedidikan yang Adiwiyata. Selamat melaksanakan tugas, jaga selaku kekompakan, jangan tinggalkan pemerintah daerah, laksananakan kebijakan strategis yang imajinatif dan inovastif, serta kolaboratif dengan seluruh stakeholder untuk membangun Sekolah Adiwiyata,” pintanya.

Sementara seorang Pengurus DPW HPAI Jabar H Soleha MPd menuturkan, adanya dukungan Pemkab Kuningan khususnya Dinas Lingkungan Hidup Kuningan, Forum Adiwiyata akhirnya terbentuk pada tahun 2014. Hingga saat ini masih terus eksis dan berpacu untuk mewujudkan visi pemerintah daerah.

“Kami ingin mewujudkan harapan dari pemerintah yaitu pendidikan dari jenjang SD sampai SMA mendapatkan predikat Sekolah Adiwiyata,” tandasnya.

Terlebih, pihaknya bersama Dinas Lingkungan Hidup Kuningan telah berencana akan membuat Taman Adiwiyata yang dikelola HPAI di sekolah semua jenjang. Sehingga nantinya dapat dimanfaatkan secara bersama-sama.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua HPAI Pusat Sri Hartati. Ia sangat apresiasi dan bangga terhadap sinergitas yang terjalin antara HPAI dengan Pemkab Kuningan.

“Luar biasa di Kabupaten Kuningan sinergitas dan para penggiat sudah terjalin sangat lama. Hasilnya banyak Sekolah Adiwiyata yang dilahirkan di Kabupaten Kuningan ini,” imbuhnya.

Terakhir, Ia mengucapkan selamat bertugas bagi seluruh pengurus yang baru dilantik. “Terima kasih kepada Bupati dan Kepala Dinas atas dukukungannya untuk HPAI. Semoga target semua sekolah di Kuningan menjadi Adiwiyata Mandiri tercapai,” tutupnya.(ags)

Tags :
Kategori :

Terkait