Bupati Acep Dorong Peternak Sapi di Desa Cipondok

Rabu 24-03-2021,11:45 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN – Pemerintah daerah mendorong para peternak sapi untuk meningkatkan hasil budidaya ternak di Desa Cipondok Kecamatan Cibingbin Kuningan. Salah satu upaya yang akan dilakukan dengan cara pemberian hewan ternak untuk dikembangbiakan.

Hal itu terungkap, saat kunjungan Bupati H Acep Purnama SH MH untuk menemui anggota Kelompok Tani Wangun Jaya Salapan di desa setempat, Senin (22/3). Dalam silaturahmi itu, Bupati Acep menerima sejumlah aspirasi yang disampaikan para anggota kelompok tani. 

Kelompok Tani Wangun Jaya Salapan sendiri dibentuk sebagai wadah para petani maupun peternak di Desa Cipondok. Saat ini, kelompok tani tersebut sudah memiliki beberapa kandang ternak.

Hanya saja, belum ada hewan ternak yang dapat dibudidaya bersama-sama para anggota kelompok tani. Karena itu, kelompok tani berharap ada bantuan dari pemerintah daerah untuk membudidaya hewan ternak.

Apalagi, mereka bersedia untuk berkolaborasi dengan pemerintah desa agar ke depan Desa Cipondok lebih maju. Sekaligus bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para anggota kelompok tani.

Adanya diskusi dalam silaturahmi tersebut, diharapkan menjadi salah satu pertimbangan pemerintah daerah dalam mengambil kebijakan kedepan. Khususnya dalam bidang pertanian dan peternakan agar tetap kondusif, kompak dan sejahtera.

Saat menjawab aspirasi yang disampaikan anggota kelompok tani, Bupati Acep langsung merespons positif. Kaitan dengan keinginan bantuan yang disampaikan kelompok tani, Acep akan memberikan bantuan beberapa ekor sapi untuk dibudidayakan.

“Sapi yang akan diberikan merupakan sapi milik bersama. Ke depannya dibutuhkan kerja sama dalam mengelola ternak agar kelompok ini berhasil,” pintanya.

Menurutnya, jika anggota kelompok tani banyak, terdapat pilihan hewan ternak lain yang dapat diberikan oleh pemerintah agar pembagiannya merata. Apapun hewan yang diberikan, ke depan harus bisa dijaga dengan baik oleh seluruh anggota kelompok.

“Khusus kepada camat, sekmat, kepala desa dan seluruh jajaran pemerintah desa diharapkan untuk memberikan pengawasan dan melakukan musyawarah dengan kelompok-kelompok tani yang ada. Kemudian untuk Kelompok Tani Wangun Jaya Salapan, agar tetap kompak dan berjalan dengan baik,” pesan Acep.(ags)

Tags :
Kategori :

Terkait