“Si Kuda Cepat” Hadir di 70 Desa

Kamis 25-03-2021,11:04 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN-Program unggulan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kuningan yang diberi nama \"Si Kuda Cepat\" alias Siap Kunjungi, Datangi dan  Cetak di Tempat, terus bergerak melesat menjangkau masyarakat pedesaan.

Kemarin, program Si Kuda Cepat masuk desa digelar perdana di Desa/Kecamatan Mandirancan. Kehadiran petugas Disdukcapil di Balai Desa Mandirancan ini pun mendapat sambutan antusias warga yang ingin menguruskan kelengkapan administrasi kependudukannya seperti e-KTP, akta lahir dan Kartu Keluarga (KK). Tercatat hingga Rabu (24/3) siang pukul 12.00 WIB, ada 215 berkas permohonan diterima petugas.

Kepala Disdukcapil Yudi Nugraha mengatakan, berbeda dengan program Si Kuda Cepat yang sudah berjalan sebelumnya, kali ini pelayanan administrasi kependudukan menerapkan sistem 3 in 1. Yaitu pelayanan tiga dokumen kependudukan bisa dilakukan dengan cukup mengisi satu formulir.

\"Untuk pelayanan Bidang Pencatatan Sipil kami buka pelayanan 3 in 1 yaitu pemohon bisa mendapatkan tiga pelayanan administrasi kependudukan sekaligus cukup dengan mengisi satu lembar formulir. Adapun tiga dokumen tersebut yaitu pembuatan Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak,\" ungkap Yudi kepada Radar.

Sementara untuk pelayanan dokumen kependudukan yang lain, kata Yudi, dilaksanakan normal seperti biasa menggunakan satu formulir. Adapun dokumen yang bisa dilayani dalam program Si Kuda Cepat ini adalah perekaman e-KTP untuk pemula, pembuatan dan perubahan KK atau KTP, surat keterangan pindah hingga surat keterangan biodata WNI.

\"Barangkali ada warga yang e-KTP atau KK-nya sudah rusak, hilang ataupun ada perubahan data silakan datang, kami langsung layani dan hari ini juga cetak. Begitu juga yang ingin buat surat keterangan pindah atau membuat surat keterangan biodata WNI pun bisa tanpa harus jauh ke kantor Disdukcapil,\" papar Yudi.

Yudi menambahkan, program Si Kuda Cepat yang biasanya digelar saat kegiatan Car Free Day atau event-event tertentu yang banyak digelar di wilayah Kuningan kota, kini mulai bergerak menjangkau masyarakat di wilayah pedesaan. Direncanakan, kata Yudi, tahun ini program Si Kuda Cepat akan digelar di 70 desa di 10 kecamatan secara bergiliran. Adapun kecamatan yang akan mendapat giliran program Si Kuda Cepat nanti, di antaranya Kecamatan Darma, Cilimus, Cigandamekar, Cigugur, Ciawigebang, Cidahu dan lainnya.

\"Kami mengajak kepada masyarakat Kuningan untuk bersiap apabila program Si Kuda Cepat datang ke desanya atau yang terdekat nanti. Silakan manfaatkan program ini sebaik-baiknya untuk kelengkapan dan keakuratan dokumen kependudukannya masing-masing,\" ujar Yudi.

Sementara itu, salah satu warga Mandirancan bernama Lina mengapresiasi program Si Kuda Cepat ini. Pasalnya dia tak perlu lagi melakukan perjalanan jauh ke kantor Disdukcapil di Ancaran untuk menguruskan e-KTP dan akta lahir salah satu anaknya yang rusak.

\"Kebetulan e-KTP saya sudah lama rusak, dan selama ini belum sempat mengurus ke kantor Disdukcapil. Alhamdulillah sekarang ada program Si Kuda Cepat datang ke kantor desa jadi saya tak perlu jauh-jauh ke Kuningan,\" ujarnya. (fik

Tags :
Kategori :

Terkait