Hari Kartini, Momentum Kebangkitan Perempuan

Kamis 22-04-2021,10:15 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN-Peringatan Hari Kartini hendaknya tidak hanya sebatas acara seremonial semata, melainkan dijadikan sebagai momentum untuk kebangkitan kaum perempuan. Khususnya adalah kalangan perempuan yang ada di Kabupaten Kuningan.

Demikian disampaikan Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi saat membuka Peringatan Hari Kartini ke-142 di Pendopo Pemkab Kuningan, kemarin (21/4). Ia melihat, jika Kartini lahir untuk memperjuangkan kesetaraan gender perempuan.

“Untuk itu, selayaknya ibu-ibu yang hadir di sini dan seluruh perempuan di Kuningan turut berpartisipasi dan berperan dalam menentukan arah kebijakan pembangunan di Kabupaten Kuningan. Kemudian berusaha memberikan yang terbaik bagi kemajuan pembangunan daerah,” ucapnya.

Dia menjelaskan, dalam sebuah buku berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang yang berisi kumpulan surat-surat tulisan RA Kartini, telah memberikan banyak inspirasi bagi kaum perempuan untuk terus maju tanpa meninggalkan fitrahnya sebagai perempuan.

“Tema yang diangkat dalam peringatan Hari Kartini kali ini, diharapkan mampu menjadi inspirasi dan motivasi khususnya bagi organisasi perempuan serta perempuan yang ada di Kabupaten Kuningan dalam membangun, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, agar terbentuk menjadi perempuan yang tangguh, kreatif dan inovatif dalam berbagai aspek kehidupan,” bebernya.

Menurutnya, perempuan harus mampu berfungsi sebagai istri yang baik dan menjadi pendukung suami. Selain itu, perempuan harus mampu berperan sebagai ibu yang baik bagi putra-putrinya.

“Perempuan adalah simbol ketahanan keluarga. Sehingga harus mampu mendidik anak-anaknya menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas, berkepribadian dan berakhlak mulia,” harapnya.

Ia mengakui, adanya emansipasi wanita, kaum perempuan telah mampu menempatkan diri dalam pembangunan yang tidak kalah potensinya dibandingkan dengan laki-laki.

“Saya mengakui, perempuan itu jauh lebih kuat dari pada laki-laki. Untuk itu,  peran perempuan sangat dibutuhkan dalam setiap sendi pembangunan khususnya di Kabupaten Kuningan,” tandasnya.

Usai memberikan sambutan, Wabup Ridho didampingi Ketua TP PKK Hj Ika Acep Purnama, Ketua GOW Kuningan Hj Rini Sujiyanti MM, Wakil Ketua TP PKK Hj Yuana Ridho Suganda menyerahkan piagam penghargaan kepada “Wanita Hebat” yang berperan dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Kuningan. Sekaligus memberikan bantuan sembako kepada sejumlah ibu rumah tangga yang turut membantu perekonomian keluarga.

Dalam acara yang diprakarsai GOW Kuningan dihadiri pula Forkopimda Kuningan, kepala SKPD dan pimpinan Organisasi Wanita di Kabupaten Kuningan. Adapun tema yang diusung dalam peringatan Hari Kartini ke-142 yakni “Dengan Semangat Hari Kartini, Kita Tingkatkan Kualitas Pemberdayaan Perempuan Indonesia. Perempuan Hebat, Ekonomi Kuat di Masa Pandemi”.(ags)

Tags :
Kategori :

Terkait