Tidak Pulang Kampung, Masih Bisa Berliburan di Objek Wisata

Jumat 23-04-2021,09:57 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN-Masyarakat Kabupaten Kuningan tidak perlu keluar kota saat libur Lebaran nanti. Untuk mengisi liburan, bisa berkunjung ke objek wisata yang tersebar di Kota Kuda ini. Pasalnya,  tidak ada larangan bagi pengelola objek wisata untuk menutup tempat usahanya itu di kala penyekatan dan larangan mudik masih diberlakukan. 

Bupati Kuningan Acep Purnama pun memastikan objek wisata di Kabupaten Kuningan tetap buka pada saat masa libur Lebaran nanti. \"Objek wisata tetap buka, namun untuk wisatawan lokal dengan tetap menerapkan protokol dan pengawasan ketat. Ini dalam rangka antisipasi dan pencegahan penularan Covid-19 semakin meluas,\" ujar Acep kepada awak media, kemarin.

Bupati mengatakan, diperbolehkannya objek wisata tetap buka di saat musim libur Lebaran nanti, tidak bertentangan dengan kebijakan pemerintah yang akan melakukan penyekatan dalam rangka mencegah terjadinya mobilisasi masyarakat untuk mudik. Menurutnya, keberadaan objek wisata tersebut hanya diperuntukan bagi masyarakat lokal Kabupaten Kuningan saja.

\"Sepertinya menjadi dilema, satu sisi ada penyekatan untuk menghadang pemudik tapi untuk wisata tetap dibuka. Itu terkesan kontradiktif, tapi pengertiannya adalah meminta agar masyarakat pada libur Lebaran nanti tidak pulang kampung namun masih bisa berliburan di wilayahnya masing-masing,\" ungkap Acep.

Terkait pelaksanaan penyekatan, Acep mengatakan, pihaknya masih akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait yakni Polres, Kodim dan dinas terkait. Rencananya, kata Acep, akan ada penyekatan di lima titik gerbang masuk Kabupaten Kuningan yakni Sampora, Mandirancan, Cidahu, Cibingbin dan Cipasung ditambah satu titik jalur alternatif di Pasawahan.

\"Secepatnya kita laksanakan rapat koordinasi dengan instansi terkait. Insya Allah pada pertengahan Ramadan nanti kita sudah punya langkah-langkah konkret untuk penerapannya sehingga larangan mudik bisa berjalan sesuai harapan untuk mencegah penyebaran Covid-19,\" ujarnya. (fik)

Tags :
Kategori :

Terkait