Petugas Hansip Terima Kadeudeuh

Jumat 07-05-2021,11:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN – Bupati H Acep Purnama SH MH memberi kadeudeuh bagi ratusan petugas hansip di Kabupaten Kuningan. Pemberian ini sebagai wujud kepedulian pemerintah daerah terhadap pengabdian hansip dalam menjaga kondusivitas lingkungan.

Dalam kesempatan itu, Bupati H Acep Purnama mengucapkan, rasa terimakasih kepada para anggota Sat Linmas yang telah berkiprah dan mengabdi dalam melindungi masyarakat.

“Dalam setiap kegiatan, saya selalu melihat keterlibatan Sat Linmas yang bertugas melakukan pengamanan dan perlindungan pada masyarakat. Dalam pelaksanaan tugas yang cukup berat itu, saya sangat mengapresiasi ketulusan anggota linmas. Mengingat dalam regulasi yang ada, tidak diperkenankan memberi penghasilan tetap bagi anggota linmas,” kata Acep saat memberi sambutan dalam acara pemberian bantuan stimulan bagi linmas di Aula Kuningan Islamic Center, kemarin (6/5).

Menurut Acep, meski tidak ada penghasilan tetap setiap anggota linmas, namun tidak mengurangi semangat linmas dalam pengabdian di masyarakat. Semoga melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan anggota linmas.

“Mudah-mudahan ke depan, anggota linmas tetap menjadi garda terdepan dalam upaya memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarkat, kegiatan sosial kemasyarakatan serta penanganan bencana guna mengurangi kerugian akibat bencana,” imbuhnya.

Sementara Kepala Satpol PP Kuningan Drs Agus Basuki MSi menambahkan, penyerahan bantuan stimulan diberikan kepada sebanyak 147 anggota linmas desa/kelurahan se-Kecamatan Kuningan. Adapun bantuan stimulan yang diberikan bagi masing-masing anggota linmas sebesar Rp500 ribu.

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kinerja dan penghargaan pada anggota Sat Linmas se-Kabupaten Kuningan yang berjumlah 3.441 orang,” tukasnya.

Dijelaskan, adanya kegiatan ini sesuai dengan PP nomor 18 tahun 2018 tentang Satpol PP, Permendagri nomor 26 tahun 2020 dan keputusan Kasatpol PP Kuningan atas nama Bupati Kuningan tentang penetapan anggota Sat Linmas desa/kelurahan tahun 2021.

“Melalui kegiatan ini, semoga bisa meningkatkan kesejahteraan, kinerja dan sebagai penghargaan kepada anggota linmas di Kuningan. Penyelenggaraan perlindungan masyarakat diakukan melalui pengorganisasian dan pemberdayaan masyarakat, yakni dengan merekrut masyarakat menjadi anggota linmas di desa dan kelurahan oleh kepala desa/lurah,” tutupnya.(ags)

Tags :
Kategori :

Terkait