“Ayo Bangkit, Kita Bangsa yang Tangguh”

Jumat 21-05-2021,11:15 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN – Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-113 menjadi momentum penting untuk bersama-sama bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Hal itu terlihat, saat upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang digelar secara virtual di Pendopo Setda Pemkab Kuningan, kemarin (20/5).

Dalam kesempatan itu, hadir langsung Bupati H Acep Purnama SH MH, Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi, Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi, Kapolres AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, Dandim Letkol Czi David Nainggolan dan unsur Forkopimda serta jajaran pejabat setda lainnya. “Ayo bangkit, kita bangsa yang tangguh,” kata Acep usai mengikuti upacara peringatan secara virtual.

Menurutnya, hal itu perlu digelorakan sesuai dengan tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2021 yakni Bangkit, Kita Bangsa yang Tangguh. Peringatan ini menjadi titik awal dalam membangun kesadaran untuk bergerak mengatasi permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia.

“Hari Kebangkitan Nasional ini, mengingkatkan kita kepada semangat untuk bergerak sebagai bangsa, dengan tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras dan golongan. Mimpi kita menancap gas untuk mamacu ekonomi dan kemajuan peradaban sebagai  simbol kebangkitan bangsa,” tandasnya.

Menurutnya, tepat pada 20 Mei 1908 merupakan hari kelahiran Budi Utomo. Yakni sebuah organisasi pemuda pertama yang menyadari pentingnya sebuah persatuan dalam melawan penjajah.

“Selanjutnya, Presiden Soekarno akhirnya memilih dan menetapkan tanggal kelahiran organisasi Budi Utomo sebagai momentum Hari Kebangkitan Nasional Indonesia,” imbuhnya.

Karena itu, lanjutnya, semangat persatuan dan gotong-royong telah mengakar dan menyebar di seluruh Nusantara. Hal ini dibuktikan dengan berbagai ungkapan tentang kearifan yang mengutamakan persatuan di seluruh suku, adat dan budaya yang ada di Indonesia.

“Pemerintah pusat juga mengajak kepada seluruh masyarakat, agar senantiasa memaknai peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai momentum untuk menggalang kembali semangat pembangkitan sebagai bangsa yang tangguh, terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19. Mari kita tingkatkan kebersamaan dalam memulihkan ekonomi nasional, khususnya di Kabupaten Kuningan,” ajaknya. (ags)

Tags :
Kategori :

Terkait