Acep Simulasi Padamkan Api LPG

Kamis 27-05-2021,10:15 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN–Bupati H Acep Purnama SH MH membuka kegiatan apel siaga kekeringan yang digagas Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan Kuningan di Lapangan Cigugur, kemarin (26/5). Usai apel, Bupati Acep menyempatkan diri untuk melakukan simulasi memadamkan api yang menyembur dari selang gas LPG (Liquedied Petroleum Gas).

Percobaan pertamanya langsung berhasil dilakukan tanpa terlihat rasa takut dan waswas dari Bupati Acep. Setelah berhasil memadamkan api LPG, Acep kemudian memadamkan api yang berkobar dari dalam wadah drum.

Kali ini, upaya pemadaman dilakukan dengan cara melempar bungkusan balon kecil yang terisi air dengan campuran pasta gigi dan detergen. Beberapa simulasi itu pun sukses dilakukan Bupati Acep tanpa ada kendala apa pun.

“Sebetulnya ada 2 siaga kebencanaan yakni di musim penghujan berupa banjir dan longsor, kemudian di musim kemarau ada kebakaran dan kekeringan. Tapi sekarang kita mengenal ada bencana nonalam, seperti wabah penyakit Covid-19,” kata Bupati Acep.

Menurutnya, menghadapi musim kemarau langkah antisipatif yang dilakukan yakni suplai air bersih di titik rawan kekeringan. Sebab penyaluran air bersih ini menjadi salah satu antisipasi dalam mengatasi kebencanaan.

“Jadi pertama kita antisipasi, kalau kemudian bencana itu terjadi maka masuk kedaruratan. Namun kalau itu sudah terjadi, insya Allah kita akan selalu siap juga dalam rangka pasca kebencanaan,” imbuhnya.

Selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kuningan, Acep menyebut, apabila simulasi siaga kebakaran ini untuk melatih kader-kader partai khususnya yang terhimpun dalam Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan. Kegiatan ini merupakan kerja sama Baguna PDI Perjuangan dengan BPBD dan Damkar Kuningan.

“Kami dari Baguna PDI Perjuangan siap untuk berkonsultasi dan berkoordinasi dengan instansi resmi di Kuningan, agar meringankan beban masyarakat kita dalam penanggulangan kebencanaan. Kami akan komunikasikan Baguna dengan instansi-instansi terkait, serta mengerahkan sebanyak 40 orang yang dibagi untuk masing-masing kecamatan,” tutupnya.

Dalam kesempatan itu, hadir pula sejumlah personel dari BPBD dan Damkar Kuningan. Mereka bersama Tim Baguna PDI Perjuangan mengikuti kegiatan simulasi kesiapsiagaan bencana khususnya kebakaran.(ags)

Tags :
Kategori :

Terkait