Gara-gara Tungku, Dapur Wawan jadi Arang

Kamis 27-05-2021,10:45 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN-Musibah kebakaran melanda rumah Wawan (69) di Lingkungan Aton, Kelurahan Cijoho, Kecamatan Kuningan, Kamis (26/5) pagi. Kebakaran yang diduga akibat tungku kayu bakar tersebut menyebabkan separuh bangunan rumah Wawan ludes terbakar dengan kerugian materil sekitar Rp10 juta.

Berdasarkan informasi dihimpun, kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 03.15 WIB. Kebakaran pertama kali diketahui Wawan yang tinggal sendirian, terbangunkan oleh suara ribut di belakang rumahnya.

\"Saat kejadian pemilik rumah sedang tidur dan terbangun karena suara-suara berisik di dapurnya. Saat dilihat, Pak Wawan kaget melihat api sudah memenuhi ruangan dapur,\" ungkap Kepala UPT Damkar Kuningan Mh Khadafi Mufti.

Khadafi melanjutkan, seketika Wawan pun keluar rumah sambil berteriak kebakaran meminta tolong kepada para tetangga. Warga pun berdatangan dan berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Nasib baik, kerja keras warga  ternyata membuahkan hasil. Hanya dalam waktu kurang dari satu jam, api bisa dipadamkan sebelum merembet menghanguskan seluruh bangunan rumah.

\"Kebakaran hanya menghanguskan bagian dapur beserta isinya seperti perabotan rumah tangga. Alhamdulillah api tidak sampai membakar ruangan lain sehingga perabotan seperti televisi, kulkas dan lainnya masih aman,\" ujar Khadafi.

Namun demikian, Khadafi menyayangkan kejadian kebakaran tersebut tidak langsung dilaporkan warga kepada petugas Damkar. Pihaknya baru mendapat informasi kebakaran rumah Wawan sekitar pukul 06.30 WIB yang langsung ditanggapi petugas mendatangi lokasi untuk pendataan.

\"Alhamdulillah kebakaran tidak sampai menghanguskan seluruh bangunan, hanya bagian dapur dan sebagian atap rumah. Atas kejadian ini pemilik rumah mengalami kerugian mencapai Rp10 juta. Meski bisa diatasi sendiri oleh warga, sebaiknya setiap kejadian kebakaran dilaporkan kepada kami untuk pendataan,\" ungkap Khadafi.

Dari hasil keterangan pemilik rumah, kata Khadafi, diduga kebakaran disebabkan oleh bara api dari tungku kayu bakar yang belum padam sempurna. Rupanya, masih ada sisa bara api yang menyala kemudian membakar sisa minyak di wajan yang kemudian membesar dan akhirnya membakar seluruh ruangan dapur.

\"Ini patut menjadi pelajaran kita semua untuk berhati-hati dan waspada terhadap segala hal yang dapat berpotensi menyebabkan kebakaran. Pastikan kompor atau tungku yang sudah dipakai memasak dalam keadaan mati,\" pungkas Khadafi. (fik)

Tags :
Kategori :

Terkait