Libatkan Generasi Milenial

Jumat 27-08-2021,10:58 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN – Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH membuka kegiatan Gerakan Berkoperasi Maju Menuju Digital Management, yang dihadiri para pengurus koperasi dan mitra lintas sektor, Rabu (25/8). Acara dipusatkan di GOR Ewangga Kuningan, Kompleks Stadion Mashud Wisnusaputra Kuningan, itu  hadir pula Sekretaris Daerah Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi

Dikatakan Bupati Acep, menghadapi tantangan zaman ini koperasi harus berinovasi dengan bertransformasi ke era digitalisasi. Seperti akuntansi terintegrasi online koperasi, koperasi, anggota terintegrasi, sehingga pengelolaan koperasi menjadi lebih mudah, aman, murah dan cepat. Selain itu, dipandang perlu melibatkan generasi milenial untuk ikut serta berkontribusi dan mewarnai mengoperasikan koperasi teknologi. Terutama komputer serta pemberdayaan usaha dan perluasan jaringan transformasi digital. 

\"Ini juga sedang saya kembangkan dalam rangka reformasi birokrasi digital melalui literasi digital untuk para Aparatur Sipil Negara, dengan mengawali membiasakan meeting virtual. Hal ini lebih efektif dan dalam masa pandemi ini dinilai lebih aman,” ujarnya.

Pihaknya mengapresiasi dan mendorong secara kebijakan kepada Diskopdagperin Kabupaten Kuningan atas adanya program tersebut. Bupati meminta Diskopdagperin merangkul para pelaku UMKM, sehingga dapat menjadi anggota koperasi agar dapat membantu kebutuhan usaha dan mengatasi persoalan-persoalan. Koperasi disarankan bersinergi dengan lembaga keuangan atau perbankan seperti halnya Bank Kuningan dan Bank bjb. 

\"Bank Kuningan sebagai bank milik Pemkab Kuningan, kami nilai sudah mampu dan siap bersinergi dengan koperasi dan UMKM melalui produk-produknya, baik produk simpanan maupun produk pinjaman,” tuturnya.

Diakui Acep, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, dan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, dapat membawa perubahan besar keberpihakan pemerintah kepada koperasi. Perubahan itu yakni memberikan koperasi dengan banyak keistimewaan dalam mengembangkan kegiatan usahanya, sehingga diharapkan koperasi akan semakin maju, berdaulat, mandiri dan berkepribadian gotong royong.

“Seluruh koperasi yang ada di Kabupaten Kuningan harus siap berkoperasi maju melaksanakan gerakan menuju digital management, dan memotivasi masyarakat agar memiliki animo berkoperasi, menghidupkan koperasi yang saat ini dalam keadaan tidak aktif, mengembangkan potensi koperasi yang masih aktif dan menjadikan koperasi-koperasi yang ada di Kabupaten Kuningan agar sehat, berkembang dan maju melalui penataan kelembagaan, peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan management tata laksana dan bisnis,” ungkapnya.  (muh)

Tags :
Kategori :

Terkait