Cetak Mahasiswa Sesuai Kebutuhan Kerja

Senin 13-09-2021,10:09 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN - Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada prinsipnya mengajak kampus untuk bersinergi dengan pemerintah, dunia usaha dan industri dalam rangka meminimalisir kesenjangan kualifikasi lulusan dengan kebutuhan kerja. Upaya tersebut didukung dengan berbagai program, salah satunya memberi keleluasaan dan kebebasan kepada mahasiswa untuk memilih bidang sesuai peminatannya.

“MBKM ini memberikan kebebasan dan otonomi kepada lembaga pendidikan dan merdeka dari birokratisasi. Dosen dibebaskan dari birokrasi yang berbelit, serta mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih bidang yang mereka minati,” ujar Prof Ir Nizam MSc DIC PhD IPU Asean Eng, Plt Dirjen Dikti Ristek Kemendikbud Ristek, saat kuliah umum di Universitas Islam Al-Ihya (Unisa) Kuningan, Sabtu (11/9)..

Menurutnya, MBKM merupakan kebijakan Mendikbud Ristek yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna, dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Melalui kebijakan itu, setiap mahasiswa diajak belajar langsung cara hidup di lingkungan masyarakat dan mengenal dunia kerja, sehingga bisa lebih siap mengamalkan ilmu yang didapatnya ketika kuliah.

“Ketika mahasiswa lulus, mereka tidak akan ragu lagi dengan realitas masyarakat dan dunia kerja. Kualifikasi diri dan keterampilan yang didapatkan ketika kuliah dan magang akan sejalan dengan kebutuhan dunia kerja,” tuturnya.

Program itu, lanjut dia, akan memacu mahasiswa untuk terus berinovasi, baik secara mandiri maupun bermitra dengan pemerintah dan dunia usaha. Secara tidak langsung, inovasi mahasiswa yang berlandaskan riset dan kajian akademik akan mengembangkan sumber daya alam, potensi, atau kearifan yang dimiliki daerahnya masing-masing.

Selain mengisi kuliah umum, Prof Nizam juga meninjau lokasi rencana pembangunan kampus baru Unisa Kuningan di Jalan Raya Cirendang – Gunung Keling Kelurahan Cirendang Kuningan. Tinjauan tersebut didampingi unsur rektorat Unisa Kuningan.

Sebelumnya, kehadiran Prof Nizam disambut Pembina Yayasan Al-Ihya Kuningan Drs HA Nana Rusyana MMPd, Ketua Yayasan Al-Ihya Kuningan Dr H Barna Subarna MPd, dan Rektor Unisa Kuningan H Nurul Iman Hima Amrullah SAg MSi beserta keluarga besar Unisa.

Rektor Unisa H Nurul Iman HA, berterima kasih kepada narasumber yang telah meluangkan waktu berkunjung ke Unisa Kuningan. Dia berharap kunjungan tersebut bisa memotivasi keluarga besar Unisa Kuningan, untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan menyukseskan program MBKM.(muh)

Tags :
Kategori :

Terkait