Bupati Launching Desa Peduli Pemilu

Kamis 16-09-2021,11:03 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN - Bupati H Acep Purnama SH MH melaunching program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan di Desa Kertayasa, Kecamatan Sindangagung, Kuningan, Selasa (14/9). Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan dengan tagline Dari Desa untuk Indonesia ini telah diresmikan langsung Anggota KPU RI.

Menurut Bupati Acep, program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan merupakan salah satu program yang dicanangkan KPU Pusat untuk mendorong masyarakat agar lebih cerdas dan mandiri. Termasuk bertanggung jawab sebagai anak bangsa dalam menyalurkan hak pilih dalam demokrasi.

”Saya menyambut baik program ini. Karena desa ini area kecil dari sebuah proses interaksi sosial antar peserta, termasuk pembangunan ekonomi, wilayah dan kehidupan dalam demokrasi,” ujarnya.

Acep berharap, agar seluruh masyarakat bersama-sama dapat menciptakan iklim demokrasi yang baik, supaya terhindar dari tindakan atau perbuatan yang tidak dibenarkan. Termasuk dengan kemajuan teknologi, akan semakin mudah terhasut hoaks yang mengarah perpecahan.

“Saya mendukung kegiatan melalui program ini. Karena dengan adanya pendidikan demokrasi, insya Allah akan tersusun demokrasi yang rapi dan baik,” ucapnya.

Sehingga ke depan, lanjutnya, demokrasi desa bisa dipahami sebagai embrio untuk terciptanya penguatan politik di lapisan masyarakat secara berkelanjutan.

Sementara itu, Anggota KPU RI I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi menuturkan, pelaksanaan Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan bertujuan untuk membangun kesadaran politik masyarakat agar menjadi pemilih yang berdaulat. Sekaligus mengedukasi masyarakat dalam memfilter informasi, sehingga masyarakat tidak mudah termakan isu hoaks terkait kepemiluan.

“Termasuk pula untuk menghindarkan masyarakat pada praktik politik uang yang sering terjadi menjelang pemilu dan pemilihan. Kita juga berharap bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas partisipasi pemilih, serta membentuk kader yang mampu menjadi penggerak dan penggugah kesadaran politik masyarakat,” tandasnya.

“Semoga adanya kegiatan ini, desa sebagai demokrasi yang lebih substantif akan terwujud serta terciptanya kemandirian dan kecerdasan untuk masyarakat dalam memilih,” harapnya.

Tak jauh berbeda disampaikan Ketua KPU Jabar Rifki Alimubarok. Melalui program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan, ia berharap demokrasi akan meningkat dengan menerapkan segala hal yang didapatkan dan diterapkan seluruh elemen masyarakat.

“Sekarang kita bisa melaksanakan kegiatan ini dengan antusias luar biasa, dengan memberikan informasi-informasi yang ada, sehingga menghasilkan pemilih yang cerdas dan tidak termakan hoaks,” tutupnya.(ags)

Tags :
Kategori :

Terkait