50 Guru UKS/M Ikuti Pembinaan Penerapan Sekolah Sehat

Kamis 23-09-2021,09:59 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN - Menyukseskan program sekolah sehat yang paripurna, Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Bagian Kesra menggelar kegiatan pembinaan pelaksanaan sekolah sehat bagi 50 guru Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) dari berbagai jenjang pendidikan, Rabu (22/9).

Acara pembinaan guru UKS/M tersebut digelar di Hotel Purnama Mulia Cigugur. Hadir Wakil Bupati Kuningan M Ridho Suganda membuka acara pelatihan didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj Ika Acep Purnama, Sekda Dian Rachmat Yanuar dan Kadisdik Uca Somantri yang hadir sebagai pemateri.

Dalam laporannya, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kuningan H Nunung Nurjati menyampaikan, kegiatan pembinaan guru UKS/M tersebut diikuti oleh 50 guru dari semua jenjang pendidikan mulai dari tingkat TK/RA, SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA. Dikatakan Nurjati, kegiatan pembinaan untuk guru UKS/M ini sekaligus dalam upaya persiapan bagi sekolah-sekolah tersebut untuk mengikuti lomba UKS tingkat kabupaten dan tingkat yang lebih tinggi.

\"Kegiatan pembinaan guru UKS/M ini diikuti 50 sekolah dari berbagai jenjang pendidikan dari berbagai wilayah di Kabupaten Kuningan, dan direncanakan bertahap menjangkau sekolah lainnya. Tujuan dari kegiatan ini untuk mengoptimalkan program tim penggerak UKS/M Kabupaten Kuningan yang disinergikan dengan tim di tingkat kecamatan dan lingkup sekolah,\" ungkap Nurjati.

Sementara itu Wakil Bupati Kuningan M Ridho Suganda dalam sambutannya mengatakan, UKS merupakan program pemerintah untuk meningkatkan pelayanan dan pendidikan kesehatan serta pembinaan lingkungan sekolah sehat. Melalui program UKS Wabup Ridho berharap, dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik yang harmonis dan optimal agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.

\"Tidak ada cara yang sungguh-sungguh untuk menciptakan lingkungan yang sehat kecuali melibatkan semua pihak yaitu peserta didik, orang tua, tokoh masyarakat dan organisasi,\" kata wabup.

Atas hal tersebut, wabup meminta agar seluruh peserta dapat mengikuti pembinaan dengan sebaik-baiknya dengan rasa pengabdian yang tinggi. Sehingga nantinya ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat dan diimplementasikan pada sekolah masing-masing.

\"Dengan pembinaan guru UKS/M ini, saya berharap dapat melahirkan dan mencetak kelembagaan tim penggerak UKS/M di tiap jenjang pendidikan yang unggul dan kompeten. Ke depannya, silakan bersaing secara sehat untuk mengikuti lomba sekolah sehat mulai dari tingkat kecamatan dilanjut di tingkat kabupaten. Untuk pemenangnya, bersiap untuk mengikuti ajang serupa di tingkat wilayah, provinsi bahkan nasional,\" ujar Ridho.

Sekda Dian Rachmat Yanuar menambahkan, program pembinaan UKS/M ini diharapkan bisa berjalan bukan karena tujuan untuk mengikuti lomba saja melainkan menjadi pedoman hidup dan sebagai kebutuhan. Menurutnya, lingkungan sekolah yang sehat dan bersih akan sangat berdampak pada kualitas pendidikan dan prestasi para peserta didik yang paripurna.

\"UKS/M merupakan wadah dan program untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin. Dengan melaksanakan UKS/M juga sebagai investasi kita yaitu terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas di masa yang akan datang,\" ungkap Sekda.

Kegiatan pembinaan guru UKS/M tersebut di pengumuman sekaligus penyerahan penghargaan bagi sekolah pemenang lomba Sekolah Sehat tingkat Kabupaten Kuningan. Adapun sekolah-sekolah juara tersebut adalah, tingkat TK/RA diraih oleh TK IT Al Imam sebagai juara 1 dan TK Yos Sudarso sebagai juara 2, kemudian juara 3 diraih TK IT Darul Amanah. Untuk jenjang SD/MI juara 1 diraih oleh SDN 1 Darma, juara 2 SDN 1 Kadugede dan juara 3 SDN 6 Kuningan. Sementara tingkat SMP/MTs juara 1 diraih oleh SMP IT Al Multazam, juara 2 MTsN 9 Kuningan dan juara 3 SMP Yos Sudarso Cigugur. Adapun jenjang SMA/MA juara 1 diraih oleh MAN 1 Kuningan disusul SMK Auto Matsuda sebagai juara 2 dan SMKN 4 Kuningan sebagai juara 3. (fik/opl)

Tags :
Kategori :

Terkait