Damkar Tangkap Ular Sanca Panjang 2,5 Meter

Kamis 25-11-2021,08:46 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN - Petugas Damkar Kuningan kembali berhasil menangkap ular sanca sepanjang 2,5 meter, yang meresahkan warga Desa Karangtengah, Kecamatan Maleber, Rabu (24/11). Ular ini diamankan dari dalam kandang ayam milik warga dan baru saja memangsa seekor ayam.

Kepala UPT Damkar Kuningan Khadafi Mufti mengungkapkan, penangkapan ular sanca ini bermula atas laporan warga terkait keberadaan hewan liar di area permukiman warga. Khawatir membahayakan seseorang, maka petugas pemadam langsung menerjunkan tim ke lapangan.

“Kita amankan satu ekor ular jenis sanca, ini merupakan jenis ular pembelit. Kebetulan ular itu diketahui oleh pemilik kandang ayam yakni Pak Lukman di Desa Karangtengah,” terangnya.

Menurutnya, ketika terlihat oleh warga kondisi ular tengah melingkar di dalam kandang ayam. Saat itu, ular sudah memangsa seekor ayam yang ada di kandang.

“Ular ini panjangnya 2,5 meter dan sedang melingkar di dalam kandang setelah memangsa ayam. Ketika itu, saksi akan mengambil telur ayam di kandang miliknya,” imbuhnya.

Saat ular berhasil ditangkap, lanjutnya, ketika itu sempat memuntahkan kembali mangsa yang sudah ditelan. Seekor ayam berukuran cukup besar keluar dari mulut ular sanca kembang tersebut sudah dalam keadaan mati.

“Ular sudah berhasil diamankan dan dibawa dengan menggunakan karung. Saat akan dibawa, ular sempat mengeluarkan lagi ayam yang sudah ditelan dari dalam perutnya,” ucapnya.

Atas tangkapan tersebut, Khadafi mempersilakan warga yang berminat memelihara ular tersebut agar datang langsung ke kantor Damkar. Jika tidak, pihak Damkar akan berkoordinasi dengan BKSDA atau pihak lain untuk dilakukan pelepasan ke habitatnya. (fik)

Tags :
Kategori :

Terkait