Curi Motor Kades, Pelaku Babak Belur

Jumat 03-12-2021,09:27 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN-Seorang pelaku pencuri motor babak belur dihajar massa sesaat setelah aksinya dipergoki warga di Desa Babakanreuma, Kecamatan Ciwaru, Rabu (1/12).

Berdasarkan informasi dihimpun, peristiwa penangkapan pencuri motor oleh warga ini terjadi pada Rabu petang sekitar pukul 18.30 WIB. Pelaku menjadi bulan-bulanan warga saat tepergok hendak mencuri motor Honda Scoopy milik Salim, Kepala Desa (Kades) Bababakanreuma.

Keponakan Kades Salim bernama Dadan yang memergoki

Aksi pelaku yang sedang mengutak-atik motor kades tersebut dipergoki oleh Dadan, keponakan Kades Salim. Dadan sempat menegurnya hingga mengejutkan pelaku yang seketika langsung kabur ke arah belakang rumah Kades Salim.

Dadan pun spontan berteriak maling dan mengabarkan warga lain terkait temuannya tersebut. Teriakan Dadan pun langsung direspons para tetangga yang langsung berhamburan mendatangi lokasi dan ikut mengejar pelaku ke arah yang ditunjukkan Dadan.

Pengejaran warga pun membuahkan hasil. Pelaku yang diketahui berinisial AI (26) warga Desa Garajati, Kecataman Ciwaru, berhasil ditangkap di dekat Tempat Pemakaman Umum (TPU) Nanggerang. Penangkapan ini tak disia-siakan warga yang langsung memberi bogem mentah kepada pelaku hingga babak belur.

Warga pun kemudian mengamankan pelaku ke Balai Desa Babakanreuma dan melaporkannya ke petugas polsek setempat. Setelah petugas datang, pelaku kemudian dibawa ke Mapolres Kuningan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

\"Kejadiannya setelah Magrib, keponakan Pak Kuwu melihat pelaku sedang mengutak-atik kunci motor di pekarangan rumah. Saat ditegur, ternyata pelaku panik dan langsung kabur. Beruntung warga sigap langsung melakukan pengejaran dan berhasil menangkapnya,\" ungkap Kasi Pemerintahan Desa Babakanreuma Uja Sujana kepada Radar melalui sambungan telepon, kemarin.

Uja mengatakan, dari penangkapan tersebut, warga mendapati tas hitam kecil milik pelaku yang di dalamnya terdapat dua buah anak kunci letter T dan empat kunci duplikat. Selain itu, ditemukan kepala kunci letter T di dalam garasi rumah Kades Salim diduga milik pelaku yang tercecer.

\"Saat tepergok, posisi motor sudah bergeser. Dari lokasi motor terakhir tersebut ditemukan kepala kunci letter T milik pelaku. Semua barang bukti sudah kami serahkan ke petugas kepolisian untuk didalami,\" papar Uja.

Terpisah, Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya melalui Kasat Reskrim AKP M Hafid Firmansyah membenarkan kejadian percobaan pencurian motor tersebut. Pelakunya, lanjut Hafid, kini sudah diamankan dan masih dalam pemeriksaan anggotanya.

\"Ada indikasi pelaku ini adalah pemain lama yang kerap menjalankan aksinya tidak hanya di Kuningan namun merambah daerah lain. Namun ini masih kami dalami, mohon dukungan dari semuanya agar kami bisa mengungkap kasus ini secepatnya dan membongkar sindikatnya,\" ungkap Hafid singkat. (fik)

Tags :
Kategori :

Terkait