Karya Bakti TNI, Bangun Jalan Hubungkan Desa

Rabu 08-12-2021,09:23 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN-Sebagai sarana perwujudan manunggalnya TNI bersama rakyat, Komando Distrik Militer (Kodim) 0615/Kuningan bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kuningan bersama-sama melaksanakan kegiatan Karya Bakti TNI tahun 2021 di Dusun Manis, Blok Cipeundeuy, Desa Ancaran, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Selasa (7/12).

Pelaksanaan kegiatan pembukaan Karya Bakti TNI ini berupa latasir jalan atau Jalan Usaha Tani (JUT) yang menghubungkan Blok Cipeundeuy Desa Ancaran ke Desa Babakan Reuma.

Seperti diketahui, jalan usaha tani atau jalan pertanian merupakan prasarana transportasi pada kawasan pertanian untuk memperlancar mobilitas alat dan mesin pertanian, pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian, dan mengangkut hasil produk pertanian dari lahan menuju tempat penyimpanan, tempat pengolahan, atau pasar.

\"Berdasarkan koordinasi dan kerja sama dengan DPMD Kabupaten Kuningan, sasaran karya bakti TNI kali ini berupa latasir jalan sepanjang 514 meter dengan lebar antara 1,6 meter sampai 2 meter. Tujuannya yaitu untuk membantu percepatan ekonomi di desa desa. Karena, jalan ini berada di tengah tengah area pesawahan,\" jelas Bati Bakti Kodim 0615/KNG Peltu Didin Rosidin kepada Radar, Selasa (7/12).

Dalam kesempatan tersebut, Peltu Didin Rosidin juga berharap nantinya akan muncul kerja sama antara TNI dengan masyarakat dan juga instansi terkait. \"Kami berharap masyarakat dapat mendukung kegiatan ini, karena masyarakat juga yang dapat menikmati hasilnya. Tolong dipelihara dengan baik jika jalan ini sudah selesai dibangun,\" ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kuningan Drs Dudi Fahrudin melalui Sekretaris Dinas (Sekdis) Ade Priatna menuturkan, pelaksanaan karya bakti TNI tersebut, selain sebagai bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat, juga sebagai wujud sinergitas antara DPMD dengan Kodim 0615/Kuningan.

\"Kami apresiasi kepada Kodim Kuningan yang selalu bersinergi dan terus bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam pembangunan di Kabupaten Kuningan. Untuk karya bakti kali ini, kita fokus untuk pengaspalan jalan. Meski dalam anggaran terbatas namun alhamdulillah kegiatan kerja sama ini dapat dilaksanakan,\" kata Ade.

Lebih lanjut, Ade mengharapkan kegiatan tersebut dapat bermanfaat dan hasilnya dapat dirasakan hasilnya oleh masyarakat sekitar. \"Kami berharap kegiatan ini mendapat dukungan dari masyarakat dan semoga cepat selesai sesuai dengan yang direncanakan. Kami titip pemeliharaannya juga agar jalan ini bisa awet,\" ujarnya.

Terpisah, Sekretaris Desa (Sekdes) Ancaran Ade Wahyudin mengucapkan terima kasiha kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan melalui DPMD dan Kodim 0615/Kuningan yang telah mewujudkan impian masyarakat untuk mempunyai Jalan Usaha Tani yang bisa menghubungkan dua desa.

\"Semoga dengan adanya Jalan Usaha Tani ini akses perekonomian masyarakat bisa meningkat dan berjalan lancar. Sehingga masyarakat semakin semangat dalam bertani,\" tutup Ade. (jrl)

Tags :
Kategori :

Terkait