Aset Koperasi El Arbah Capai Rp6 Miliar

Rabu 02-02-2022,11:17 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN - Keberadaan Koperasi BMT El Arbah Kunci Maju di Kabupaten Kuningan semakin menunjukkan eksistensinya. Hingga menginjak usia delapan tahun, jumlah anggota Koperasi Syariah El Arbah kini sudah mencapai 600 orang dengan total aset yang dikelola mencapai Rp6 miliar.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Koperasi BMT El Arbah Rohman Priyadi SFarm Apt saat acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi El Arbah di kantor baru di Jalan Raya Cijoho, Kuningan, belum lama ini. Rohman yang akrab disapa Abu Rizal mengungkapkan, dari awal jumlah anggota sekitar 40 orang dari wilayah Kuningan dan Cirebon, kini sudah mencapai 600 orang dari berbagai daerah seperti Indramyu, Majalengka, Sumedang hingga Bandung.

\"Alhamdulillah, Koperasi BMT El Arbah Kunci Maju yang kita bangun sejak delapan tahun lalu di Kuningan kini sudah berkembang pesat dengan keanggotaan tidak hanya dari Kuningan dan Cirebon, tapi juga ada dari daerah lain,\" ungkap Abu Rizal kepada Radar Kuningan di sela-sela waktu break RAT.

Perkembangan usaha Koperasi BMT El Arbah yang pesat, Rizal menambahkan, bisa terlihat dari grafik pengelolaan aset yang terus meningkat setiap tahunnya. Dari awal berdiri tahun 2014 pengelolaan aset hanya sekitar Rp121 juta, kini sudah berkembang menjadi Rp6 miliar.

\"Koperasi BMT El Arbah bergerak di bidang pelayanan permodalan untuk para pengusaha muslim dengan sistem 100% syariah. Kita ada pelayanan simpanan/tabungan dan permodalan usaha dan kredit barang sarana usaha seperti kendaraan, mesin, gerobak, material bangunan dengan pola syariah yang menerapkan sistem bagi hasil dan anti riba,\" ungkap Abu Rizal.

BACA JUGA:

·  Sejarah Prabu Siliwangi, saat Muda Jadi Raja di Sindangkasih Majalengka

·  Daftar Pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF U-23, Persebaya Langsung Dikurangi

Keberhasilan Koperasi BMT El Arbah juga, kata Rizal, bisa terlihat dari besarnya dana Sisa Hasil Usaha (SHU) yang dibagikan untuk anggota pada RAT tahun ke delapan ini. \"Alhamdulillah besaran SHU yang dibagikan tahun ini mencapai Rp418 juta untuk seluruh anggota yang berjumlah hampir 600 orang,\" ungkap Rizal.

Dalam kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) kali ini, lanjut Abu Rizal, membahas evaluasi dan pelaporan pertangungjawaban pengurus selama satu tahun kemarin. Kemudian memusyawarahkan perubahan kebijakan, merumuskan RAPB tahun 2022 dan sosialisasi program kerja sesuai tema yang diangkat yaitu \"Membangun Koperasi Berbasis Kolaborasi dan Digitalisasi\".

\"Kita akan terus berupaya mengembangkan Koperasi El Arbah ini dengan melakukan penguatan kerja sama antar lembaga dan pihak lain dan mulai menerapkan pelayanan berbasis digital. Untuk memudahkan pelayanan, kami kini sudah memiliki aplikasi Mobile El Arbah yang bisa di-download di Playstore yang bisa diakses oleh anggota ataupun pendaftaran baru untuk mengetahui besaran setoran, laporan keuangan, simpanan wajib dan pokok hingga investasi bisa diakses di sana. Termasuk pembagian SHU hari ini pun kita lakukan secara digital langsung masuk ke rekening tabungan BMT El Arbah masing-masing,\" paparnya.

Selain mengembangkan usaha di bidang simpanan tabungan, kredit barang dan permodalan syariah, lanjut Rizal, Koperasi BMT El Arbah juga kini tengah mengembangkan dua bidang usaha lain. Yaitu Coffee Shop dan Toko Sembako untuk anggota di kantor baru di Jalan Raya Cijoho, Kuningan. (fik/opl)

BACA JUGA:

·  Semalam Hingga Dinihari Tadi, Indonesia Diguncang 3 Kali Gempa Bumi, Jawa Barat Terbanyak

·  Geger Admin Nahdlatul Ulama Bakal Dipolisikan PBNU

Tags :
Kategori :

Terkait