Tanam Kalpataru di Bendungan Kuningan

Kamis 31-03-2022,11:34 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN- Peringatan Hari Air Sedunia (HAD) ke 30 untuk memusatkan perhatian pada pentingnya air, ditandai dengan kegiatan penanaman pohon. Untuk Kabupaten Kuningan penanaman dilakukan di Area Greenbelt Bendungan Kuningan sekaligus menjadi Ikonnya, Rabu (30/3). Kegiatan diselenggarakan BBWS Cimanuk Cisanggarung bekerjasama dengan Dinas lingkungan Hidup.

Peringatan HAD dilakukan virtual dengan menghadirkan balai yang ada di pemerintah provinsi/kabupaten/kota se Indonesia. Sehingga antar wilayah bisa berbagi informasi sesuai tema HAD terkait Melestarikan Air Tanah Agar Berkesinambungan (MANTAB).

Sekda Kuningan Dr Dian Rachmat Yanuar MSi menuturkan, harus menyadari, bahwa dibawah kita ini ada harta terpendam yang tidak pernah dibayangkan yakni air, yaitu sumber kehidupan. Untuk itu mari kita memiliki semangat kolektif untuk memperhatikan, menjaga, melestarikan kesinambungan air untuk hidup kita dengan generasi selanjutnya.

Sejalan dengan kegiatan tersebut pemerintah daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup memberikan bibit pohon Kalpataru untuk ditanam di area greenbelt Bendungan Kuningan.

Dia berharap, penanaman pohon ini bisa menjadi ikhtiar kita untuk menjaga dan merawat Bendungan Kuningan, kita sekarang menanam Pohon Kalpataru. Semoga 4 hingga 5 tahun ke depan pinggiran Bendungan Kuningan akan semakin lestari dan hijau.

“Mari kita menanam pohon bisa dimulai dari menanam satu batang pohon di lingkungan sekitar tempat tinggal. Ayo sayangi lingkungan dengan cara menanam pohon,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BBWS Dr Ismail Widadi ST,M menyampaikan, kita saksikan bersama bahwa lokasi Bendungan Kuningan dengan luas keseluruhan sekitar 302 hektar, saat ini debit airnya sudah mencapai di ketinggian 1.91 m tinggal 9 cm lagi, kita bisa memanfaatkannya untuk Kuningan dan Brebes. Bukan hanya mengairi air sawah, tapi bisa menjadi air baku.

Dijelaskan Ismail, selain untuk konservasi alam dan pengembangan potensi ekonomi lokal di sekitar bendungan, penanaman pohon di area greenbelt Bendungan Kuningan juga diperuntukan agar kualitas air tanah tetap terjaga dan terjamin kelestariannya.

“Melalui Hari Air Sedunia mesti menjadi moment untuk menyadarkan kita semua pentingnya melestarikan dan pemanfaatan air dengan menjaga lingkungan salah satunya dengan menanam pohon,” tuturnya..(ale)

Tags :
Kategori :

Terkait