Karang Taruna Bentuk Bank Darah

Selasa 05-04-2022,08:52 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN –Karang Taruna Kabupaten Kuningan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kuningan melaksanakan donor darah di halaman Sekretariat Karang Taruna Kuningan, Jalan Cut Nyak Dien Kelurahan Windusengkahan, Jumat (1/4).

Dalam acara tersebut, sekaligus juga Karang Taruna Kabupaten Kuningan membentuk Relawan Bank Darah. Hadir langsung Ketua Umum Karang Taruna Kabupaten Kuningan Dr Carlan MPd beserta jajaran, para Ketua Karang Taruna Kecamatan se-Kabupaten Kuningan, Ketua PMI Kuningan Hj Ika Rahmatika Acep Purnama SE, Camat Kuningan, Polsek, Koramil, serta undangan lainnya.

Selain kegiatan donor darah, dilangsungkan pula pelantikan dan pengukuhan Bank Darah Karang Taruna. Badan otonom ini dibentuk untuk membantu PMI dalam menjaga ketersedian darah. Selain itu, diharapkan dapat mengajak masyarakat agar sadar akan pentingnya berdonor bagi kesehatan.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Kuningan Dr Carlan yang biasa disapa Elon, dalam sambutannya menyampaikan, Karang Taruna akan membentuk relawan donor darah dari setiap desa minimal lima orang, sehingga ke depanya tidak akan ada lagi kekosongan darah di Kabupaten Kuningan.

“Dari setiap desa nanti akan dibentuk 5 orang relawan donor, yang identitasnya jelas mulai dari nama, alamat, golongan darah sampai nomor HP. Sehingga jika butuh darah mendesak, kita tinggal kontak saja yang bersangkutan,” tutur Elon.

“Ini mimpi kami bersama. Kami punya keyakinan, bahwa generasi muda punya kesadaran untuk menjadi pendonor dan berbuat untuk masyarakat,” imbuhnya.

Elon yang juga Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kuningan ini menjelaskan, melalui bank darah, nama relawan atau pendonor akan masuk dalam aplikasi yang telah disediakan, sesuai dengan nama dan alamat domisili. Dengan sistem aplikasi online, akan lebih mudah bagi PMI apabila membutuhkan pendonor melalui bank darah.

“Para pengurus yang telah dilantik diharapkan dapat mensosialisasikan bank darah secara gencar, sehingga kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya akan semakin tumbuh,” tuturnya. Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Kuningan Hj Ika Acep Purnama mengapresiasi kegiatan donor darah dan bank darah yang digagas Karang Taruna. Ika berharap ke depannya akan bertambah kesadaran masyarakat untuk berdonor, karena sangat bermanfaat untuk kesehatan pribadi dan sesama.  (muh)

Tags :
Kategori :

Terkait