Bazar Ramadan Karang Taruna Tampilkan Produk UMKM

Selasa 12-04-2022,09:15 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN – Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH didampingi Wakil Bupati Kuningan HM Ridho Suganda SH MSi membuka Bazar Ramadan Karang Taruna, Senin (11/4). Kegiatan yang digelar di halaman Sekretariat Karang Taruna Kabupaten Kuningan, Jalan Cut Nyak Dien Kelurahan Windusengkahan, akan berlangsung hingga sepekan ke depan.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Kuningan Carlan dalam laporannya mengatakan, kegiatan  Bazar Ramadhan Karang Taruna Tingkat Kabupaten Kuningan mengangkat tema “Ramadan Berkah, UKM Pemuda Bangkit, Kuningan dan Indonesia Maju”.

\"Bazar Ramadan tahun ini diisi dengan kegiatan pasar murah karang taruna, pameran ekonomi kreatif, pentas seni religi, dan kegiatan bakti sosial seperti donor darah, santunan anak yatim, dan fasilitasi perizinan,\" papar Carlan.

Kegiatan  Bazar Ramadan kali ini, kata Carlan, digelar selama sepekan dari tanggal 10 hingga 17 April 2022. Dengan bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi pemuda, meningkatkan penjualan produk UMKM Kabupaten Kuningan, sebagai sarana promosi produk-produk lokal, memperluas jaringan dan peluang UMKM, dan meningkatkan silaturahmi masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Acep merasa bangga dengan adanya kegiatan yang digagas oleh Karang Taruna tersebut. Ia menyebut Bazar ini merupakan partisipasi langsung masyarakat, yang digelar secara mandiri tetapi manfaatnya dirasakan orang banyak.

“Ini sebuah gotong-royong masyarakat yang perlu kita apresiasi. Saya sangat mengapresiasi inovasi anak muda Karang Taruna Kabupaten Kuningan ini. Meskipun dalam skala kecil, ini bisa menggerakkan perekonomian,” ujarnya.

Bupati Acep mengatakan, kegiatan tersebut untuk mewujudkan bangga produk lokal kepada masyarakat. Maka dari itu, stand yang ada diisi berbagai produk UMKM hasil karya pemuda Karang Taruna dari berbagai desa di Kuningan.

“Ini juga sebagai bentuk penyebaran informasi bahwa UMKM kita bisa bersaing,” sebutnya.

Maka dari itu, produk yang disajikan merupakan pilihan terbaik. Terutama, produk-produk yang dibutuhkan masyarakat. “Selain produk terbaik, harganya pun terjangkau, jadi masyarakat memiliki alternatif berbelanja yang lebih murah di sini,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga mendorong pelaku UMKM bisa semakin bergeliat dengan menjual produk unggulan mereka. Sehingga makin dikenal.

“Semua aspek kegiatan yang berkaitan dengan UMKM, kita dorong terus,” bebernya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Acep mengungkapkan, bahwa dirinya sangat menyambut baik kegiatan Bazar Ramadan Karang Taruna Tingkat Kabupaten Kuningan dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kegiatan tersebut yang dapat terlaksanakan dengan baik dan lancar.

“Atas diselenggarakannya kegiatan ini pemerintah daerah menyambut baik dan menyampaikan penghargaan kepada semua pihak yang telah membantu hingga kegiatan Bazar Kampung Ramadan ini dapat terlaksana, sebuah harapan yang sangat besar bahwa Bulan Suci Ramadan seyogyanya dimanfaatkan sebagai sarana penggalian ilmu pengetahuan agama dan peningkatan ibadah secara ritual kepada Allah SWT,” ungkapnya.

Bupati mengimbau kepada pedagang agar memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan ini. Kehadiran Bazar Ramadan Karang Taruna Tingkat Kabupaten Kuningan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan berkah berbuka puasa.

\"Ini merupakan berkah bulan Ramadan. Dengan demikian, menjadi peluang ekonomi bagi para pedagang, khususnya makanan dan minuman, untuk mencari tambahan rezeki,\" pungkas Acep. (muh/fik)

Tags :
Kategori :

Terkait