Jelang Arus Mudik Perbaikan Jalan Rusak Dikebut

Jumat 22-04-2022,10:25 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN - Sebanyak 600 ton hotmix disediakan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Kuningan, untuk memperbaiki jalan rusak di wilayah Kabupaten Kuningan. Ada 8 tim yang sedang melakukan perbaikan jalan. Sekitar 80 km jalan saat ini sedang diperbaiki. H-5 jelang Lebaran, dipastikan perbaikan jalan ini selesai.

Kepala Dinas PUTR Kabupaten Kuningan H M Ridwan Setiawan mengatakan, pihaknya semaksimal mungkin berupaya menuntaskan perbaikan jalan yang sedang dilakukan saat ini.

\"Kurang lebih 80 km yang saat ini kita tangani. Termasuk Jalan Lingkar Timur yang sudah difungsikan untuk mengatasi kemacetan di jalur utama terutama dari Cirendang ke Cilimus. Kita berupaya semaksimal mungkin, mudah-mudahan dapat diselesaikan sesuai target,\" ujar Ridwan kepada awak media saat meninjau perbaikan jalan di Jalan Raya Cileleuy Kecamatan Cigugur, kemarin (21/4).

Menurut Ridwan, cuaca yang saat ini masih musim hujan menjadi salah satu kendala dalam mmemperbaiki jalan yang rusak. Makanya, kata Ridwan, menyediakan regu pemeliharaan. Akan tetapi cuaca yang tidak dapat diprediksi menjadikan hambatan yang akan memengaruhi kualitas pekerjaan tidak dapat dimaksimalkan.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Teddy Sukmajayadi menambahkan selama satu bulan ini sudah melaksanakan di 16 titik perbaikan jalan. Untuk saat ini, pihaknya melakukan perbaikan penambalan jalan terlebih dahulu, penyempurnaannya akan dilakukan setelah Lebaran.

\"Perbaikan ini tersebar di wilayah Kabupaten Kuningan di antaranya dari mulai Kuningan Selatan Subang, Selajambe, daerah Panawuan, Ciawigebang, Babatan dan wilayah lainnya. Masih ada waktu sekitar 7 hari untuk perbaikan jalan ini. Targetnya dapat kami selesaikan H-5 sebelum Lebaran,\" papar Teddy.

Teddy mengatakan, untuk tahun 2022 ini ada sekitar 123 titik jalan yang menjadi target perbaikan dan 10 titik jembatan. Hanya saja, karena keterbatasan anggaran maka diprioritaskan di jalan utama dan jalan alternatif yang akan dilalui kendaraan arus mudik.(ale)

Tags :
Kategori :

Terkait