Ternyata Ini Hama yang Sering Menyerang Tanaman Janda Bolong, Berikut 2 Cara Mudah Membasinya!

Jumat 08-12-2023,14:15 WIB
Reporter : Dewi Nur
Editor : Dewi Nur

RADARKUNINGAN.COM- Tanaman janda bolong atau monstera adansonii memang jenis tanaman hias yang populer dan banya digemari.

Tanaman janda bolong memiliki sisi keunikan berupa bentuk daunnya yang berlubang serta warna nya yang segar dan mengkilap.

Perawatan janda bolong memang terbilang tidak terlalu sulit. Tanaman ini hanya perlu perawatan yang tepat seperti penyinaran yang cukup, penyiraman yang tepat, pemupukan rutin, serta pengaturan tingkat kelembapan.

Namun, seperti halnya tanaman hias pada umumnya, janda bolong juga rentan terhadap serangan hama seperti kutu atau ulat. Memelihara tanaman janda bolong memiliki kekurangan yaitu sangat rentan terhadap hama.

Sehingga pemilik perlu melakukan pemantauan rutin terhadap kondisi tanaman dan mengambil langkah-langkah pencegahan untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa hama yang sering menyerang tanaman janda bolong beserta cara mengatasinya.

BACA JUGA:Kenali 4 Penyebab Pertumbuhan Tanaman Janda Bolong Lambat dan Tips Merawat yang Tepat

Hama Tanaman Janda Bolong

1. Kutu Daun

Kutu daun merupakan hama kecil yang sering menyerang tanaman janda bolong. Hama ini bisa menghisap cairan dari daun dan menyebabkan daun menguning dan mongering.

Biasanya ditandai juga dengan jejak jamur atau cacing yang meninggalkan lapisan putih seperti kapas pada tanaman.

2. Penyakit Jamur

penyakit jamur merupakan masalah umum yang sering terjadi pada tanaman janda bolong.Hal ini biasanya terjadi karena kondisi kelembapan yang berlebihan. 

Gejalanya seperti bercak-bercak coklat atau hitam pada daun, atau diikuti dengan pertumbuhan jamur berwarna putih dan abu-abu.

BACA JUGA:Ternyata Ini Jenis Hama Tanaman Janda Bolong Yang Dapat Merusak Daun dan Cara Mengatasinya

3. Akar Basah

Kategori :